13 Jun 2016

Apike Judule Apa

Laut Ambal Kebumen.  Gambare mah gak nyambung, cuma biar gak kosongan aja jadi dikasih gambar.  soale pas ngabuburitnya gak bawa hape jadi gambar pas.
Sabtu sore kemarin jam setengah limaan karna magrib masih kurang lebih sejam maka aku keluar ceritanya ngabuburit biar kayak orang pada umunya dibulan ramdhan karna kan kalo di bulan biasa gak ada orang ngomongin ngabuburit.

Setelah mandi, dan udah gak ngapa-ngapain lagi berangkatlah ngabuburit, rencana sih mau ngajak temenku tapi dia malah sibuk lawatan doro (baca main burung dara) kalo bahasa indonesianya yang benar apaan aku kurang tau, kalo bahasa kebumen tempatku sih lawatan doro.

Dari kemarin pada demen main gitu, sedangkan aku gak suka, juga karna gak punya burung dara tepatnya sih males mau beli.

Dengan terpaksa ngabuburit sendirian, kayak jomblo aja sendirian. Pas lewat tempat lawatan yang letaknya sebelah timur rumahku kurang lebih 27 meter dengan santai aku melintas.

“arep mengendi koe dewekan koyo wong dodol?”
Kampret juga ini orang udah tau aku mau keluar biar pulang magrib perasaan udah ku ajak tapi gak mau, masih nanya pula mau kemana.

Aku langsung lanjut aja, jujur sambil jalan aku pun bingung ini ngapain aku sebenernya pake keluar sendiri, terus mau kemana juga.

Sambil jalan terus dan terus serta mikir akhirnya dapat juga tempat tujuan tempat yang dituju main ke prembun, prembun ini kecamatan di kebumen. Pas setengah perjalanan bingung lagi ngapain aku ke prembun juga ntar disana ngapain juga tujuanya apa masa iya cuma lewat balik pulang lagi.

Sampe sana ternyata rame juga banyak pedagang pinggir jalan dari gorengan, makan, makanan ringan,minuman sampe penjual apa aja ada semua, waah rame juga ternyata.

Sebelum nyampe terminal dipinggir jalan itu banyak yang jualan bengkoang, nah pas liat itu jadi keinget sama temenku pas kuliah dia minta dibawaain bengkoang, karna aku males mampir dan males juga bawanya karna berat ku jawab aja lagi gak musim. Eeh beberapa hari kemudian dia ikut kkl ke Jakarta dan pastinya dari jogja kan lewat kebumen udah pasti lewat prembun.

Pas lewat prembun dia ngirim pesan ke aku, posisiku waktu itu lagi di rumah, “diii bangke tenan pancen koe ki, le ngomong ra musim bengkoang lha iki akeh bengkoang ko ngene kampreet koe ngapusi”.

Aku baru inget kalo dia ikut kkl pasti lewat sini.

Pas aku nyampe terminal terus jalan nah disitu di deket pasar dan sekitarnya banyak yang pada jualan dan banyak pula orang yang pada beli.

Dengan kecepatan rendah sambil liat kanan-kiri tertuju lah mataku ke lapangan yang berbentuk petak dan disitu banyak orang yang pada main, banyak yang pada nongkrong duduk diatas motor. Langsung aja ikutan kesitu kalo yang lain sama temen-temenya nah aku sendirian dari sekian banyak orang satupun taka da yang ku kenal, kampreet. Ikutan duduk terus ke inget kalo dibagasi ada rokok niatnya mau ngambil sambil menikmati rokok baru inget kalo lagi puasa.

Terus pas malem selese sholat tarawih bosen di rumah pingin keluar, aahh keluarlah aku nancap gas rencana mau ke alun-alun ya sekedar muterin gitu nyari udara segar di malam hari.

Baru juga dua kilo jalan yahh masa sendirian aku kesana udah gitu baru inget kalo ini malem, malem minggu yang artinya kemungkinan disana rame dan kayak yang udah-udah biasanya yang muda, remaja, dewasa pada sama pasanganya.. kampret masa aku sendirian.

Dari pada pusing puter balik kerumah gadol aja tadi sore dia main lawatan doro sekarang kayaknya udahan gak mungkin sampe malem juga. Kalo lagi bingung tujuan yang nyante ya kerumah dia. Coba kalo cewe udah ku pacari saying dia cowok.. kampret.

Samperin sampe sana ada di rumah juga ternyata dia dasar jomblo mesti di rumah. Kebetulan ada anep juga disitu.
“ lha koe, lagi bali po le ngabuburit??” gadol bangke tanpa dosa nanyanya.
“ yo oralah nyok, wes buko wes traweh.. wedus koe ki”.

Dia nanya tadi ngabuburit kemana.
Sialan aku ngabuburit dewek ke prembun, disana rame nyok kau tadi gak ikut malah lawatan doro. Meng lapangan prembun banyak orang satupun tak ku kenal.

Hahaa..lha kamu ngapain ke prembun? Ke lapangan? Orang aku yang orang prembun aja kalo kesitu gak ada yang ku kenal apalagi kau dii. Jawab anep dengan nada ngejek bahagia kayak udah lebaran dengan tawa ngenyek.. wedus.
Lha kau ini darimana?

Dari rumah rencana mau ke alun-alun tapi bingung masa sendirian.
Tek liat-liat kau ini malah kayak orang mumet lho dii.. emange kau punya temen di alun-alun? Orang di prembun aja kau gak punya. Udahlah kau ini paling mentok kesini nyari rokok ama kopi, klao udah habis terus pulang, aku apal kelakuanmu.


Kampreett gadol ini tau aja, emang he em.

Ceritanya kok kek gini banget.

15 komentar:

  1. Haha. Intinya, dari awal cerita sampai akhir, sendirian aja nih? Aduh kumaha atuh ieu teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu lah, kok teh sih, bukane teh itu kalo bahasa sunda buat cewe. waahh..

      Hapus
  2. arep mengendi koe dewekan koyo wong dodol?
    Koyo cabe y bang?
    Dodolnya manis ga bang?

    BalasHapus
  3. Cepet nikah atuh banggg biar gak sendirian

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh dipanggil bang serasa tua, hehee.
      masih terllu muda mba, belum siap. hehe.

      Hapus
  4. Kalo ditempatku lawatan Doro itu namanya "Ngrepyeki Doro" bang Di.
    Di Malang juga udah beda lagi Artinya. Muehehe

    Duh duh, padahal udah punya cememew, tapi ngabuburit dan main ke alun2nya kok sendiri sih bang ?? Apakah ada indikasi bang Adi pengen ngejomblo nih ??
    Hayoooooo ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. disini juga ada yang bilang "ngrepyeki" cuma jarang.
      setiap daerah beda ya,

      iya nih az,
      hahaa bahasamu indikasi ngejomblo, ngejomblo sampe halal nanti. hahaa.

      Hapus
  5. Judul yang pas berarti: Jomblo ngenes nyasar di alun-alun. Muehehehe. Piss. v(w)/

    BalasHapus
  6. ayo atuh mas dicari biar ga dewean jalannya :p

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.