6 Agu 2016

Asyiknya di Karang Song dan Enaknya Pindang Gombyang Indramayu

Untuk ketemu aja perlu menempuh jarak ratusan mil, 4 jam 34 menit dengan kereta api, tapi gakpapa yang penting bisa ketemu kamu lepas rindu. Pingin meluk tapi belum hahal jadi gak jadi meluk.

Kisah ini di Indramayu kota dengan julukan kota mangga terkenal akan hasil mangganya dan banyak pohon mangga, bahkan setiap rumah punya pohon mangga dan kayaknya juga penduduknya sama pohon mangga banyakan pohon mangganya.

Pagi hari itu aku, haris, isti sama taneke pergi ke suatu tempat yang menyejukan bersebelahan dengan pantai, yaitu mangruve karang song.

Hari minggu hari yang juga pas buat jalan-jalan, kami jalan cuusss menuju Mangruve Karang Song Indramayu.

Saat jalan mulai memasuki Karang Song disitu banyak banget pembuatan kapal-kapal buat berlayar mencari ikan, mencari jodoh, mencari kenangan dari kapal yang kecil sampe kapal yang besar berjejer sepanjang jalan.

Waktu nyampe lokasi rasane happy banget apalagi ditemani kamu.

Untuk masuk ke magruve harus menggunakan kapal yang sudah disediain kita tinggal bayar tiket masuk terus naik kapal dianter ke mangruve, enak kan. Untuk harga tiket masuk cuma 15.000 per orang itu udah termasuk biaya kapal pulang-balik.

ini nih tiket masuknya
Seperti pada umumnya kami selfie-selfie manis berempat, yang parah itu kami masuk ke mangruve nya pake salah jalan yang harusnya buat keluar malah buat kami masuk. Edan aja pas masuk kok orang pada lawan arah sama kami gitu. udah gitu kan jalanya sempit buat papasan jalanya pake rakitan bambu, kami sok nyalahin orang lain pula padahal kami yang salah, kami baru tau pas keluar ternyata malah pintu masuk.

Itu semua karna isti sama taneke yang sok tau katanya jalanya emang bener  kalo itu jalan masuk, lha pas ku tanya emang kamu kapan terakhir kesini is? Kamu juga tan? Emm 2014 kayaknya dan itu kesini sama mantan tempat ini kenangan, kampret. ampun dahh udah dua tahun ya pantes lah kalo jalan masuknya udah dirubah.

Seneng banget disitu suasana mangruve yang hijau menyejukan mata, angin semilir, walaupun habis dhuhur juga gak terasa panas apalagi kan sama kamu.

Mangruve Karang Song adem masuk sini
Karang Song ini bisa buat refrensi kalian kalo liburan atau kalo berkunjung ke indramayu jangan lupa mampir ke sini ini.
Sayang nya mangruve yang bagian pintu masuk udah tinggi-tinggi jadi yang ada keliatan batang-batang mangruvnya, kalo yang bagian pintu keluar itu masih pendek pendek daunya masih rimbun dibawah sepanjang jalan.

Nah setelah itu sebelum keluar akan disuguhi pantai karna kan deket pantai namanya juga mangruve.
pantainya malah gak keliatan
Dari sekitar jam satuan lah nyampe situ sampe sore jam 4 lebih, baru meningglkan karang song. Di karang song mah kita yang ada cuma selfie selfie dan selfie  apalagi taneke 54 persen di hape foto dia semua.

Yang paling kampret pas udah keluar tinggal nunggu kapal buat nagngkut kami, disitu udah jelas ada tanda panah arah masuk kok ya bisa kami salah pintu masuk, terus taneke edan disitu ada sebuah tulisan yang dibuat KKN IPB isinya tentang perlindungan magruve eh malah dibaca puisi sama taneke sama aku juga sih dan itu semua karena taneke, gila aja kayak baca puisi di panggung diliatin orang pula, jelas yang ada disitu pada senyum denger aku sama taneke baca puisi, mungkin dikira kami berdua edan, haris sama isti geleng geleng dan kayaknya mereka sok gak kenal aku sama taneke, kampreet. Tapi seruu ah kangeenn.

Dan kami maunya pas naik kapal itu cuma kami berempat gak mau ada yang lain, kayak pas berangkat juga kami satu kapal cuma berempat.

berempat di kapal
Di tepi pantaiya itu ada tempat buat berteduh semirip panggung gitu, jadi gak masalah kalo panas dan disitu enak banget liat pantai dengan angin semilir. Kami juga disitu sekitar 28 menitan sambil nunggu agak mendingan panasnya.

Tadinya mau ke pulau biawak tapi pas nanya biaya buat kesana kami gak jadi, gimana jadi biayanya aja 2 jt setengah dan perjalanan dari karang song itu kalo gak salah 4 jam. Lain kali aja ke pulau biawaknya ya tan, is, ris.

Kami udah capek puas di mangruve puas juga selfie. Sambil nunggu kapal disitu ada apa sih namanya emm tempat yang buat liat dari atas gitu, jadi bisa liat pemandanganya dari atas. Kami pun naik ke atas dan kebetulan diatas itu kosong pas kami mau naik orang pada turun semua coba, pemandanganya sungguh indah. Untung ada sepasang anak muda yang naik dan bisa dimintain tolong buat foto kita berempat jadi fotonya gak foto selfie mulu, selfie mah taneke depan mulu cuma dia yang pandai ngambil gambar tapi sayangnya ngambilnya focus kita pemandangan sekitar gak peduli keliatan apa gak yang penting happy selfie. 

minta fotoin sama mas-mas yang mau selfie sama ceweknya
Nah kalo habis jalan-jalan capek juga kan, ini saatnya ku cari yaitu makan khas nya dari sekian banyak makanan yang masuk makanan khas, hatiku tertuju pada pindang gombyang, sebenernya udah dari hari sebelumnya waktu di tjimanoek minta sama isti aku tapi karna udah sore dan belum tau beli yang ada dimana jadinya ditunda.

Dari Karang Song terus meluncur makan pidang gombyang kalo mereka bertiga mah awalnya gak mau katanya biasa aja apalagi haris bapaknya di rumah juga udah sering masak pindang gombyang sendiri, dia bilang gak suka. Tapi bagiku tidak, pokoknya harus makan pindang gombyang. Kami makan di rumah makan panorama masih deket dari Karang Song.

Kirain aku tuh pindang gombyang itu tuh kecil kalo tempatku kan namanya pindang yang diwarung warung kan kecil. Ternyata ini beda dan rasanya ituh enak banget bumbunya juga resep serius ini kebetulan atau emang bener waktu makan seblak juga enak, pisang kipas manisnya enak juga lha sekarang pindang gombyang cocok dengan lidahku, kayak kamu lah yang cocok dihatiku, langsung jatuh cinta aku. Masuk dalam daftar makanan enak versi adi.
ini nih pindang gombyang
Untuk harganya aku gak tau berapa, lupa aku yang bayar tapi gak ku lihat notanya. Gaya dikit dong masa sama cewek yang ke kasir yang bayar ceweknya kan gak lucu, makane aku yang ke kasir bayar ya walaupun pake duit ceweknya yang penting kan ke kasir cowok yang bayar, gitu.

Pesen pindang gombyang nya itu cuma satu kata mereka khusus buat aku terus sama pesen ikan bakar, ikan apa yang dibakar ku lupa. Kirain aku itu satu pindang gombyang ya kurang lah eehh gak taunya cukup buat berempat.

fotone ngeblur
Katanya mereka gak mau pindang gombyangnya giliran udah dateng di meja makan  mereka makan juga, kampret. Pas makan liat taneke makan aja udah kenyang aku, tambah liat isti makan nambah kenyang lagi  tapi walaupun kenyang ku juga makan. Kalian berdua cewe yang elegan dah. Makanya enak banget mereka, kalo taneke bilang kita ini udah bayar mahal jadi harus dihabisin semua langsung makan setulang dan durinya bahkan tisunya juga.

Sampe tulang dan durinya pun dimakan eh gak ding, tulangnya itu sampe dihisep, enak banget apalagi habis jalan-jalan cape+laper. Kalo kita pesen itu harus dihabisin jangan gengsi di sisain inget disana masih ada juga yang susah makan jangan sia siain makanan.
Pindang gombyang itu ternyata kepala ikan dan beratnya sekisaran setengah kilo kalo gak salah, jadi disitu itu pakenya berat, semakin berat ikanya semakin mahal harganya. Rasa yang gurih, manis rasanya enak lah aku gak ahli dalam menjelaskan detail rasa.
Berimbang lah antara harga, ukuran dan rasanya. Jadi pingin makan pindang gombyang lagi deh.
pindang gombyang, lalap jodohnya yang ikan bakar bukan sama pindang gombyangnya
Nah jadi ini bisa dijadiin refrensi nih buat kuliner juga wisata di indramayu, kota mangga yang sebentar lagi akan memasuki musim mangga. Kalian harus coba deh, datanglah ke situ.

Masih banyak makanan khas indramayu lainya, tapi karna aku cuma dua hari jadi belum nyoba lainya padahal mah pingin nyoba yang lain kayak burbacek, terus pecel tapi namanya beda lupa aku, kata mereka itu beda dengan pecel lain makanya jadi makanan khas karna walaupun bentuk pecel tapi ada yang beda dari rasa itulah yang khas, terus pedesan entok dan lainya. Kata isti kalo pedesan entok juga enakan ibu yang bikin, padahal udah siap makan aku ke rumah isti eeh entoknya lagi gak ada.

Selese makan aku belum mau pulang masih pingin menikmati indramayu, kan juga kangen. Kebumen-indramayu coba, hem semoga beneran bisa menyatu kebumen-indramayu biar kalo kangen mah enak. *apaan ini orang mau  makan sama wisata juga.

Kami meluncur ke masjid agung sholat magrib terus duduk- duduk cerita di alun-alun yang mereka anggap itu alun alun sambil nunggu isya sekalian, setelah sholat isya baru meluncur ke waduk dayung. Nama aslinya mah waduk bojongsari bukan waduk dayung, tapi orang situ nyebutnya waduk dayung karna dulu buat latihan dayung gitu ada kapal dayungnya. Di waduk dayung itu kami duduk manis sambil menikmati malam.

Disitu ya sepi tapi gak banget ada lumayan banyak juga orang yang pada nyante duduk disitu. Kebetulan ada truk tahu bulat, taneke pingin beli jadilah beli tahu bulet, nah disini ini yang paling ngeselin saat taneke di godain gitu sama beberapa cowok disitu kan kampret, gak liat apa dua cewek (taneke, isti) sama aku, haris. 

kesuatu tempat itu akan lengkap jika ke masjidnya sholat dan juga makan makanan khasnya.

18 komentar:

  1. pertamax plus nice ajak jalan-jalan juga dong kakak :)

    BalasHapus
  2. waaah double date.. pindangnya itu lho.. eksotis banget.. pengen abiszzzzzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheey.. eksotis enak banget bang datanglah bang ke IM buat liburan.

      Hapus
  3. Wow kayanya rame banget trip ente ini, cees. Kuliner dapet, tempat wisata dapet. Mantap.

    Emang iya yah di Indramayu lebih banyak pohon mangga dibanding penduduk? Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. em, makasih son. pas lah kalo kuliner sama tempat wisata dapet. heem.

      ya gitu dari pengamatanku, banyak bertebaran pohon mangga soale disana.

      Hapus
  4. diliat dari paragrap pertama, gue kira ini bakalan bahas kekasih yang sudah lama tak bertemu, eh gataunya ngetrip. Gapapalah hahaha..

    Btw, tjakep banget pemandangannya ya, recomended banget tuh buat liburan, tapi keknya tempatnya angker ya, pohon mangganya banyak banget, biasanya banyak kuntilanak, huahaha.. canda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. kan campuran gitu biar beda, kayak ada ceritanya yang beda gitu pake basa basi lah ceritanya.

      jelas recomended ini, enggak gak angker sejuk tempatnya ya emang gitu indramayu kan penghasil mangga, sekarang kuntilanak udah gak dipohon lagi.

      Hapus
  5. Itu di indramayu ya mas asik sekali kayaknya

    BalasHapus
  6. KAMU-nya ini siapa, Di? Ciyeeeee. Btw itu Taneke namanya kayak orang Jepang ya XD

    Baru denger sama makanan yang namanya pindang gombyang. Makanan favorit terenak versi Adi lagi. Jangan suka aja, harus bisa masaknya juga dongsss. Hahahaha. Padahal aku nggak bisa masak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kamu cha.. hahaaeyy. iya itu susah namanya.

      baru denger wah berarti keren aku memperkenalkan pindyang gombyang. hahaa.. iya dong versi aku, hemmm masaknya gak bisa. hahaa

      Hapus
  7. HHah kocak banget ampe harusnya masuk malah di pintu keluar
    Wah pindangnya ampe ngresep setulang tulangnya ya
    Coba klo tulangnya tulang lunak, pasti masuk prut juga kalo aku mah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhehee ya gitu lah mba.
      cuma tulangnya gak lunak.

      Hapus
  8. Gue kok ikut geli, ya. Pas lo masuk di pintu keluar dan nyalahin orang lain, padahal lo sendiri yang salah. Hadeh... Parah uy...

    Hem... Ternyata Indramayu punya destinasi sekeren itu, ya di. Kapanlah, gue bisa jalan2 gini. Pengen. Tapi..... Ahsudahlah.

    Btw, kulinernya menggairahkan gitu. Salah banget gue bacanya siang2 gini. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha malah geli kau ini Her, yah begitulah salah pintu masuk.

      iya, keren kan, datanglah ke Indramayu. Lha ya kapan Her. ya sudahlah ya.

      iya pasti lah menggairahkan baca lagi nanti malem. haha

      Hapus
  9. Sekarang agi banyak dikembangkan wisata mangrove ya kak.. :) Indramayu kadang terkenalnya karena kekeringan ya kak, tapi punya segudang potensi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya begitulah,sedep juga di mangruve. kurang tau aku malah kekeringan hehe.. iyap banyak potensi.

      Hapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.