18 Nov 2015

Se cuil cerita waktu KKN

Gak terasa udah hampir setahun, rasanya baru kemarin kami KKN banyak hal yang dapat di tulis pada saat KKN. Dan inilah sedikit ceritaku waktu KKN. 23 november 2014 penerjunan.

Alhamdulillah waktu KKN aku dapet kelompok yang isinya orang-orang yang baik, menyenangkan, gak nyebelin nyebeliin juga sih sebenernya dan selalu kompak. Aku KKN selama sebulan, dan waktu sebulan itu menjadi waktu yang menyenangkan. KKN itu santai, asyik itu kalo di baw santai dan dpet temen yang asyik. Waktu itu aku masuk dalam kelompak KKN 04 tempat kami KKN di Dlingo, Bantul tepatnya di Saradan Desa Terong, unik juga namanya Terong-terongan. Dari kampus memerlukan waktu kurang lebih 43 menit. Kami KKN angkatan 2014 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

ini kelompok kami


hari kedua habis buat identitas belum begitu kenal























Temen-temen KKN ku semuanya asyik, dan kami satu kelompok terdiri dari 16 orang, dari 3 Fakultas Teknik, Fisipol, Hukum. Dari teknik sipil sama elektro yang dari fisipol HI sama komunikasi, kalo aku dari hukum, ini lah nama-nama temenku; Jasmine, Eka, Zenny, Furqon, Tamtam, Fuadi, Evan, Alif, Akbar, Mada, Andri, Dendy, Agung, Tovan dan Haris.

Hari pertama KKN aku sama sekali belum kenal sama mereka kecuali haris sama tovan. Seminggu sebelum KKN aku kecelakaan jadi waktu seminggu yang seharusnya buat kumpul saling kenal aku gak bisa, karna harus istirahat kurang lebih seminggu.

Hari pertama setelah penerjunan aku, tovan, haris langsung pulang karna sore ada kuliah sampe malem yang berarti kami malam pertama gak nginep di posko. Paginya aku sama haris ke posko dan ternyata di situ Cuma ada tiga orang cewe semua, yang lain pada kuliah. Dalam hati Cuma bisa berkata kampreet tau kaya gini mendingtadi gak usah ke sini. Kalo haris mending dia udah kenal lha aku, belum ada yang kenal. Kampreetnya lagi dari pagisampe siang ku perhatikan tiga orang cewe ini sama sekali gak ngajak aku ngobrol Cuma ngomong sekata empat kata sama senyum yang kayak gimana gitu.

Baru mulai ngobrol pas udah ashar ada anak-anak yang main kesitu terus si eka sama jasmine bilang ke anak-anakkalo ada PR suruh bawa ke posko biar di bantu, soale dari pagi sampai ashar kami gak ada kerjaan. Setelah berjalan beberapa hari aku baru tau kalo ternyata mereka takut ngeliat mukaku, kan kampreet banget dikira aku preman katane mukaku serem kalo lagi diem. Yaa aku kalo belum kenal ku perhatikan dulu setiap orang anlisa dulu ini orang sifatnya gimana dan blaa blaa bllaa.

Tapi setelah kenal yang awalnya mereka takut sama aku akhirnya itu Cuma rasa mereka, malah mereka bilang kalo aku ini muka serem hati hello kity dan aku gak tau harus makan atau minum setelah mereka bilang hati hello kitty.

dari kiri evan, fuadi, mada, aku













Minggu pertama KKN kami belum melaksanakan program, luar biasa kan. Dalam waktu minggu pertama kerjaan kami Cuma tidur, mandi, cuci piring, makan, main, bisa dibilang Cuma numpang tidur tempat orang.

Dari 16 orang aku tovan sama haris yang selalu bareng setiap kali turun berangkat kuliah, kami selalu bareng ya mau gimana lagi kami bertiga satu fakultas ngambil mata kuliah sama jam sama, konsentrasi mata kuliah sama sampai skripsi pun sama-sama pidana. Kami termasuk yang sering nginep di posko kami turun Cuma pas kuliah hari senin, rabu, kamis selain hari itu kami selalu di posko. Saking kompaknya kami pun potong rambut bareng sama pula modelnya, pertama haris yang di potong rambutnya aku sama tovan ngikut modelnya, emang di kelompok kami Cuma kami yang sampai segitunya, yang lain sampai kagum.

tengah tovan, kiri haris, kanan mahluk yang awalnya di takuti


 Yang unik peraturan dari kelompok kami setiap malam migngu dan minggu wajib di posko gak boleh gak dating, kalo sampai waktu tersebut gak dateng di sunat bagi cowo, bagi cewe gantung di pohon rambutan ben di pangan trangkang.

Setiap malem minggu itu kelompok kami jadwalnya main keluar bareng satu kelompok, naah minggunya baru kegiatan sehari, kelompok kami kalo hari minggu itu kerjanya full di hitungnya 08-14 jam. Kalo hari biasa mah nyante paling 1 jam kerja di hitungnya 2,5 jam.

Waktu hari pertama pagi hari kami keliling kampung perkenalan sama memaparkan program kami sama warga setempat, kaya pejabat blusukan gitu juga kaya kalo kampanye gitu. Kebetulan waktu itu hanya ada beberapa orang dan semuanya bukan orang jawa, Cuma aku yang jawa ORI, jadilah aku penerjemah.

Baru berjalan beberapa hari salah satu anggota ada yang ulang tahun. Adzan magrib pun berkumandang setelah sholat magrib aku sama haris keluar beli makan, setelah pulang eeh yang lain malah pada mau keluar ke makan sekalian ke bukit bintang. Mereka pada keluar tinggalah di posko aku, haris, tamtam, alif sama evan. Kalo aku sama haris karna habis makan jadi gak ikut kalo mereka bertiga habis datang dari kos habis ada kuliah. Aku gak tau kalo ada yang ulang tahun, setelah agak lama mereka pergi tamtam ngeluarin kue; eeeh ini ntar kalian bawa yaa aku mau tidur, kata tamtam. Kue buat apa tam? Dendy ulang tahun ntar kalian anter kesana. Hmmm pantesan mereka gak pada mau pas ku ajak makan Cuma haris yang mau, kok ya gak ngomong ke aku ket awal. 

Sekitar jam 11 PM jasmine nelpon aku; dii kalian jangan tidur dulu ntar bawa kuenya. Yaa. Setengah jam kemudian sms, 5 menit kemudian sms lagi.

Karna cuma kami berlima semuanya pada males nganterin, tamtam sama alif udah tidur, haris sama evan asyik maen PESS. Sebelumnya aku udah ngomong ntar kalian yang anterin ya aku gak ikut. Aah ogah aku juga, dingin males malem malem keluar, jawab haris.

Yaudah berarti kau lah van..
Akuu, gak lah takut aku. Eeh ini tengah malem natr kalo ada setn gimana, gak ah aku.
‘ya Allah van cuma setan pun, eeh mending ketemu setan dari pada ketemu begal’
Naaah iya tuh ntar kalo ada begal gimana? Masa mahasiswa di begal dan mati gara-gara mau nganterin kue ulang tahun dan ngasih kejutan, kan gak keren.
“udah lah kau aja van sama tamtam noh apa alif”
Yaudah berarti kan mending ketemu setan, dari pada begal kalo setan kan gak mungkin mbunuh apa lagi ngrampok.

Kami bertiga malah debat soal setan apa begal, lagian aku heran sama evan dia itu orang Kalimantan dan juga kayaknya dia Kalimantan pedalaman suku premitif, kalo cerita gayanya sok berani, cerita setan lah, yang kata dia pernah di temui lah, yang mainanya bulu perindu lah. Tapi soal ginian takut.

ulang tahun dendi

gambare sengaja di blur *padahal setelan kamerane yang foto gak tau
Aku, haris sama tovan baru dateng ke posko karna kemarin sore ada kuliah jadi kami ke posko pagi jam 9. Saat baru dateng udah ada pesan dari andri, mada juga, yang di posko maupun yang mau ke atas kalian rapiin posko sama cuci piring yah, kami lagi di rumah mbok darmi nyemprot jamur, siapa yang di posko? ‘ ooh kampret baru dateng udah disuruh bersih-bersih baru buka pintu naro tas aja belum. Kami bertiga dari hukum aku, haris sama tovan kalo turun bareng, naik ke posko juga bareng udah kaya bayangan kemana-mana bareng sampai-sampai yang lain pada heran juga salut.
Kejadian yang lainya saat kami mau pergi ke sri getuk bareng-bareng, yang kata tamtam ada Arnold, kalo bener ada mbah Arnold kalo aku bisa foto bareng akan kujadikan dp di semua sosmedku dan gak akan ku ganti selam setahun.
Eeh malah enggak, emang sih buat shoting film holywod tapi bukan Arnold bintangnya dan itu udah hampir dua bulan yang lalu saat kami belum KKN, kampret tamtam ini. Naah sampai di sri getuk seperti pada umumnya kami foto-foto bersama, happy cuui..
foto bareng

air terjun sri getuk

aku keliatan ra ceto

piiss
Dari sri getuk kami lanjut ke pantai baron, dari sri getuk ke pantai baron sepanjang jalan kami saling kebut-kebutan, hal yang unik saat aku sama alif pake motor mio soul punya furqon saat kami ngisi bensin gak tau cara mbuka joknya, haduuuh kebangeten banget dah.. kecepatan kami encapai 100 km/jam. Gilaa mantap dan diatas kecepatan segitu si alif minta minum padahal dia yang didepan, minta juga di suapin bakpia, wooh itu sangat unik.
Namun dalam hal ini yang bikin aku gak nyaman aku ada kuliah habis magrib sedangkan sampai pantai baron udah jam 4. Perjalanan kurang lebih sejam itu sampai posko, kalo sampai kampus sejam setengah, yaa masa di pantai baron cuma 8 menit kan gak mungkin. Kenapa kok gak pulang sediri aja? Yang pertama aku gak tau jalan pulang, kedua aku gak bawa motor, aku pake motor furqon sama alif, kamprett gak itu. Tau gini aku gak ikut tadi mending balik kos sama evan.  Semuanya pada ngomomg santai aja dii. Santai gundulmu aku ntar responsi kalo gak responsi mah gak masalah. Eka sama zenny terutama yang ngompori gak usah mangkat santai aja dii kita happy hari ini, tamtam, furqon, agung juga. Kurang ajarnya lagi tovan juga malah di pihak mereka, haduuuh.
pantai baron 

yaah fuadi cuma keliatan tanganya

selamat datang
Yang lucu adalah saat kami pulang, aku sama alif pulang duluan kalo yang lain juga pulang tapi gak tau kemana semua pada misah, sampai posko menjelang magrib tanpa mandi langsung print tugas karna ada tugas juga aku juga nunggu tovan motorku lagi di bengkel karna habis kecelakaan. Udah lama baru datang dia langsung aja meluncur ke kampus tovan juga ada kuliah tapi gak responsi. Eeh yang bikin lama ternyata tovan nyasar, agung juga aku ketemu di bawah dari arah pleret dia, jauh bangt dia nyasar dan dia baru ngomong dua minggu kemudian setelah selese KKN, katanya dia pingin pup dia duluan motor fixion kecepatantinggi jadi yang lain gak tau, lucunya dia balik posko bawa martabak buat nutupin nyasarnya. Aneh-aneh aja.
Ada juga dimana waktu itu 3 cewe memimpin 13 cowo, yaaa jasmine, eka, zenny ini bagaikan ratu. Ketika itu malem minggu mereka mau martabak, kami satu kelompok keluar bareng. Bagaikan ngidam mereka ini aneh-aneh aja minta martabak yang di wonosari, edaan. Kami pun nuruti terutama tamtam iyaa ayo kita beli martabak sekalian jalan-jalan ke wonosari. Yang nyebelin lagi belum sampai tujuan malah balik, padahal malem itu hujan deres pula, eeh giliran tinggal 9 kilo lagi malah gak jadi padahal udah kehujanan kilo meter. Inilah cewe dalam kelompok kami walaupun cuma 3 tapi menguasai. Inilah asyiknya KKN dan punya temen-temen yang baik hati.
Serunya kelompok kami saling bajak hp kalo hp nganggur ada kesempatan udah dah kalo mbajak suka gak kira-kira. Aku inget saat hp ku di bajak sama eka, zenny kampreet hp ku di bajak baru nyadar mereka berdua nulis status di bbm ku yang kurang enak, walaupun aku tau itu gurauan. Aku berhasil buat mereka takut, sedih sampe-sampe beberapa kali minta maaf saat itu aku ngambek, marah, langsung pergi dari mereka saat itu kami lagi ngumpul dan pastina itu Cuma aktingku.
Yang paling kurang ajar saat seminggu sebelum penarikan si zenny cerita sama ku pas pagi-pagi awalnya aku mau mandi. Kata zenny semalem dia liat pocong di kamar mandi saat mbuka pintu dan dia Cuma bisa, sebenernya dari pas pertengahan para cewe ini sering ngomongin pocong, kata jasmine yang dia liatlah lewat jedela, eka jugalah. Aku gak tau itu beneran atau Cuma nakut-nakutin apa lagi pas mereka tau dari tovan kalo aku paling takut sama hal begituan  mereka pun malah semakin menjadi-jadi dalam bercerita terutama ke aku. Emang aku paling takut sama pocong, takut sama setan Indonesia nonton film horror Indonesia aja aku gak berani walaupun film horror komedi sekalipun mending aku nonton fil horror barat kayak saw, wolf creek, wrong turn.
Si zenny pernah ngagetin aku untung jantungku kuat, habis dari kamar mandi ngambil wudhu mau sholat isya pas mbuka pintu aku langsung teriak pas didepan pintu zenny berdiri dengan rambut ditutupkan ke muka eka juga sama aja ketawa malah untung gak ku peluk terus ku cium. Si jasmine yang suka nakutin aku kalo malem suka nyanyi lagu lingsir wengi, lagian aku heran jasmine ini kalo nyanyi lingsir wengi serem suarane bisa kayak sinden mendayu-dayu horror lah pokoke bagiku, kampreet jasmine ini.

bukit bintang, gambare burem

pas acara perpisahan snak dimakan sendiri dibelakang
itu si jasmine yang udh ku tulis di pos sebelum ini

penyerahan hadiah
jasmine yang malem tahun baru 2015 di datangi kerumahnya postingan sebelum ini

kayak jaman dulu

di rumah pak dukuh malem terakhir










30 komentar:

  1. kok di kampus gue kaga ada begini beginian yak...
    seru tuh kayaknya.
    ah payah dah kampus gue emang -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih gak ada kkn kampusmu.
      biasanya kan tiap kampus ada.

      asli seru banget. hehee

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok siip. di tunggu.
      aku malah sebenernya pingin nulis kisahmu sama kisah haris cuma belum sempet.
      boleh kan kalo aku tulis? hehee..

      Hapus
  3. wah potone akeh...
    salam sukses Om....
    Lanjutkan kreativitasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini banyak foto, tadine malah mau ku tambah.
      salam sukses juga pakde.
      yup, lanjutkan juga kreativitasmu.

      Hapus
  4. Hahahaa bajak hp ya mas. Iya kadang sering kesel. :D
    Zenny dan Jasmine memang jahil abis. Zenny juga ya. Ngagetin segala

    Tapi seru deh kalo punya temen kayak gitu ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bajak hp sukanya gak kira-kira.

      iyaa seru punya temen kayak gitu modelnya.

      Hapus
  5. emang ya kalau cerita KKN ga akan abisabis karena bakal banyak ceritanya biasanya kan sekitar 40 hari setiap harinya pasti ada yg baru ada yang konyol dan kalau diceritain udah 40 cerita tuh. jadi banyak .. belom kan satu persatu orangnya pasti punya cerita .. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener walaupun cuma sebentar tapi banyak cerita. setiap anggota punya cerita denagn versinya masing-masing.
      KKN emang yang paling menyenangkan, pas juga buat cari pasangan bagi yang belum punya, walaupun sebentar tapi akan mengenal lebih dalam.. hehee.

      Hapus
  6. KKN itu 80% jalan-jalan, 10% cari jodoh, 10% sesuai perintah :D
    *tadi nyari apa ya kok bisa mampir kesini*

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai perintah itu 5% cari jodoh 15%.
      hmm.. makasih ya udah mampir.

      Hapus
  7. KKN emang seru yah mas
    apalagi tempatnya itu yang masuk ke desa-desa yang jauh dari kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya KKN itu paling seru.
      apalagi tempatnya di pegunungan, enak sejuk.

      Hapus
  8. orang kkn kok identik dengan sarungan ya, hak hak

    BalasHapus
  9. muka serem hati hello kitty, gak sekalian hati barbie Nyahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak lah hello kitty aja cukup, kan lebih keren. hahaa..

      Hapus
  10. kalo liat foto2 sama narasinya jadi ingat waktu dulu muda :)
    he he he

    mantap mas, inspiratif saat muda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa muda yang menyenangkan ya mas, apaalgi kkn hal yang menyenangkan. hehe

      yup. nuwun

      Hapus
  11. Biasanya tuh kalo KKN, 80% selingkuh, 20% cnlok. Ada gak di kelompokmu? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang cinlok ada.
      yang sampe sekarang juga ada, udah bukan cinlok lagi.

      Hapus
  12. Wuih! Terong, Dlingo, Bantul! Salam kenal dari orang Jogja! Hehehe :D
    Lha itu lokasi KKN mu klo dari perempatan Terong arah mananya Bro? Yg turunan arah ke Pasar Dlingo itu ya? Terus kalau "turun gunung" seringnya lewat Cinomati atau Mangunan?

    Itu enak itu cuma ada 3 cewek. Ada cinta lokasi nggak? :D
    Pondokan horror pula. Sip banget deh! Hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga.
      iya dari perempatan turunan ke arah yang pasar dlingo. lewat cino mati, lewat cino mati itu ada sensasinya sendiri.

      enak apanya. ada lah.
      iyalah sipp,mantap.

      Hapus
  13. foto nya kenapa yang itu sih :/
    cerita kkn yg baru aku tunggu di xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang pas sama ceritanya jas.
      ok isnyaallah tak sempetin.

      Hapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.