1 Okt 2016

Catatan September

Sedikit Catatanku di Bulan September ini.

Awal bulan tiap malam aku cuma duduk-dudukdi rumah Gadol, ngobrol-ngobrol gak jelas. tiap malem cuma gitu aja merokok sambil menikmati kopi sampe-sampe Gadol apal kalo aku kesitu pasti nyari kopi. Dia ini temenku dari kecil dari dulu masih umbelen meler same sekarang masih sering main, kebetulan kami sama-sama lagi di rumah dan belum ada kesibukan yang pasti (tetap).

sampe akhirnya pas tanggal 7 waktu itu aku biasa ke rumah Gadol kami ngobrol cuma duaan kek orang stress, jenuh bosen baru nyadar selama seminggu ternyata cuma gini-gini aja. Udah mulai tua udah gitu asih jomblo pula, jam sebelas malem Gadol ngajakin keluar muter-muter kemana gitu dari pada bengong duduk merokok sampe habis berbatang-batang gak kerasa.

Lanjut ke alun-alun, jangan tanya keadaanya, yang jelas sepi pake banget udah gitu habis hujan dari sore. ke alun-alun muteri alun-alun terus duduk ambil rokok, sama juga gak di rumah gak di alun-alun ya cuma duduk menikmati rokok.

habis rokok lanjut pulang eh ketemu Soleh kebetulan dia habis pulang kerja, ah kesempatan buat nraktir kami bakmie.

tengah malem makan bakmie dan makanya bukan di warungnya kami makan di bawah tugu batas kota Kebumen, makan ala kadarnya tapi jadi enak. udah gitu bakmiene gak dikasih sendok. dengan terpaksa pun makannya pake palastik tempat kerupuk kalo Soleh pake krupuk buat sendok. udah stress nambah stress udah gitu lupa pula gak beli minumnya sekalian, jadi kek ular habis makan gak minum. karna gak kuat jadi beli aqua 4 ribu udah gitu pake duit seratusan ribu, belinya cuma sebotol buat bertiga.

Yang terasa agak gimana gitu, waktu tiga hari sebelum Idul adha habis shubuhan aku jemput kakaku gak jauh dari rumah sekitar satu kilo mteran lah. karna rumahku deket rel kereta udah pasti lewat rel, eh pa lewat rel ada mobil polisi baru dateng pikiranku ini pasti ada yang ketrabrak kereta.

Bener juga ada orang ketabrak kereta, untung disebelah agak ke timur dan untung aku agak siangan jam 5 kurang 15 menitan, coba kalo pas aku lewat sepi gitu liat yang ketabrak haduuhh gek kebayang aku.

ternyata orang ini ketabrak karna emang sengaja bunuh diri, orang ini tidur di rel, ini tanpa batas men extreme death men tubuhnya jadi 3 potongan, kepala, pinggang putus men kereta kearah timur dia ini tiduran dengan kepala di utara jadilah tiga bagian. Tanpa batas bener ini, extreme. tidak untuk di contoh.

Waktu Idul Adha aku berkunjung kerumah sodara sama paklek setiap yang ketemu bilangnya sama, ‘ya Allah kamu ini udah gede segini’. iya lah udah gede masa kecil mulu kataku  alhamdulillah gak ada yang nanya pacarnya orang mana? kapan nikah? gak kayak yang sebelumnya ketemu sodara ditanya pacarnya orang mana? udah ada rencana buat nikah belum? sungguh pertanyaan yang bingung mau ngejawabnya.

Kemarin waktu ke rumah sodara ditanya kerja dimana, kapan pulang. lha aku aja di rumah, ‘masih di rumah’ jawabku. belum pingin pergi kemana gitu? hem.. kalo udah kek gini udah serasa introgasi.

Tanggal 17 pergi ke Semarang buat ikutan tes di Undip, kalo kamu ikutan kemarin berarti kita bersaing, sebenernya mah rada gimana juga gitu. Ini bukan tes buat masuk program sarjana, magister maupun doctor, ini tes buat penerimaan dosen dan pegawai. Aku mah buka ikutan yang Dosen, dari sekian banyak pserta tes yang ikutan terutama bagian yang aku lamar cuma dibutuhkan satu. Padahal pesertanya banyak banget apalagi yang aku lamar itu buat semua jurusan. Dan ternyata kemarin liat hasilnya, belum rejeki jadi ya sudahlah, berjuang lagi.

Waktu tes kemarin aku nginep tempat adekku, dan hari itu juga aku ngerasa jadi kek mahasiswa lagi. adekku ada acara makrab organisasi jadi aku nunggu kos, sendirian kek ngekos gitu. ke inget waktu masih kuliah jadinya.

Dan di Bulan ini juga aku ngerasa males buat nulis, padahal pingin nulis ada cerita. Aku juga pingin bisa nulis buat buku, novel gitu tapi entahlah. Palingan cuma nulis cerita fiksi hasil berimajinasi itu aja juga belum kelar-kelar. Mungkin perlu mengkonsumsi pil nzt seperti di film Limitless.

Bulan ini juga aku ngerasa kangen banget sama seseorang, ya sekarang dianya udah sibuk boro-boro nelpon chat aja sehari baru dibales malah kadang gak kebales. Gini kali ya rasanya orang belum ada kesibukan mah.
Lagi rada males buat nulis entah kenapa, perasaan lagi gak enak kek orang Bipolar aja gak jelas gini...

Tanggal 22 aku kembali ke Semarang niatnya buatikutan Job Fair di Hotel Patra jasa Semarang. Jam 8 pagi aku sama Gadol meluncur ke Semarang dari Kebumen ke Semarang pake motor kalo normal sekitar 4 jam, kemarin aku perjalanan 3 jam setengah ngirit setengah jam lumayan.

Mampir kos adekku lagi, aku minta anterin adekku karna aku kurang tau lokasinya, eh ternyata deket dari Tembalang, dari kos adekku gak nyampe 15 menit. nah nyampe sana ternyata gak ada job fair, nanya ke petugas situ kalo di sini emang gak ada mas, dia juga bilang dari tadi pagi juga banyak yang kesini nanyain. Berarti emang gak cuma aku, kirain cuma aku sendiri, kan kalo sediri keliatan muka bodohnya. Entah gimana aku gak tau.

Karna hasilnya nihil, kami pun memutuskan buat lanjut ke Banjarnegara, sampe Banjarnegara ba’da Isya selama seharian diatas motor. Dari Kebumen jam delapan sampai Semarang jam 12 kurang 17 menit, istirahat tempat adekku sambil nunggu dhuhur sekalian sholat. jam setengah satu setelah sholat lanjut ke tempat yang buat Job fair dan karena nihil kami langsung lanjut Banjarnegara.

Dari Semarang gak tau lewat mana, taunya lewat Secang, Magelang jadi, kami balik kearah pulang dan itu jauh nyak. Yang kampret itu kami salah belok harusnya lewat jalan utama ini malah masuk desa-desa di Temanggung udah gitu jalanya naik. Entah gimana selama 2 jam lebih kami mute-muter di Temanggung, tau sendiri lah jalan di Temanggung yang gunungan udah gitu hujan pulak.

aku sempet ngeasa frustasi, gila aja gak abis-abis Temanggung ini sampe ngelewati beberapa kecamatan. setiap ada persimpangan nanya ke orang keknya ada 10 orang kami tanya bahkan lebih dan yang terakhir nanya ke anak sekolah yang kebetulan lagi sama-sama berteduh, setelah itu akhirnya kami bisa keluar dari Temanggung dan kini masuk Wonosobo.

Yang ku inginkan itu cuma satu cepet sampe, aku gak tahan gila aja kami pake motor supra x yang 125 kek apa capeknya jalan pegunungan naik turun iya kalo jalanya alus, gede lha ini udah sempit dan sepanjang jalan kenapa banyak material, hampir semua jalan di Temanggung yang kami lewati sedang diperlebar.

Waktu lewati perbatasan Temanggung-Wonosobo asli pemandanganya indah banget, yang gak nahan itu dinginya luar biasa udah gitu hujan kan jadi nambah. asli pemandanganya indah banget apalagi pas yang dua gunung gitu keliatan berjejeran,bukan gunung didada. tapi aku lupa entah itu gunung apa udah gitu disekitar itu banyak tembakau, kabutnya tebel. kami udah kek dumb dumber to aja yang pake motor sampe kedingianan beku gitu. tanpa masker tanpa sarung tangan.

Gadol sempet bilang katanya kalo foto disitu itu bagus banget, tapi aku gak mau pkoknya jalan terus udah gak nahan pingin cepet sampe, bokong udah tepos. aku baru nyadar waktu udah di Banjarnegara kenapa gak foto dulu ya di sana itu. Tau lah aku ngomong gitu reaksi Gadol kek apa, padahal dia pingin banget foto. Kalo kalian penasaran datang aja langsung.
Di Banjarnegara itu kerjaanya cuma makan, ngopi, merokok selama 21 jam. Edan disana itu aku makan keknya dari pertama datang sampe pulang itu 9 kali makan. sodaranya Gadol itu banyak disitu dan setiap masuk kerumah wajib hukumnya buat makan, padahal aku datang ditempat pertama udah makan banyak banget saking lepernya kedinginan kehujanan perjalanan seharian di atas supra. Gadol kampret juga dia gak ngomong, pantes aja makanya dikit, biar nanti bisa nampung lagi.

Pulangnya aku gak lewat jalan yang berangkat, jadi pulangnya lewat Wonosobo yang langsung perbatasan Kebumen bukan Temanggung gila aja kalo lewat sana lagi. pulang sore hujan, sampe malem nah yang ku takutkan waktu lewat jalan gunungan, alas jalanya tikungan mulu turun terus udah gitu gelap. Yang ku takutkan bukan soal hantu walaupun yang sebenernya serem juga, tapi lebih takut kalo ada orang yang menghentikan kami dijalan (begal) iya soalnya kalo hantu (kuntilanak, pocong, genderuwo dan sejenisnya) gak mungkin dia minta motor, minta barang kami. kalo begal bisa digasak semua dari motor sampe yang kami bawa raib semua, ngerinya lagi kalo kami dibunuh.

Ba’da Isya alhamdulillah kami sampe Kebumen juga, sampe rumah. Dari Banjarnegara tembus Wonosobo lanjut Kebumen, lewat Prembun dari lampu merah pertigaan Prembun lanjut kearah barat.

Tanggal 28 lanjut berangkat Purwokerto ke Unsoed acara Job fair juga, hahaa udah kek pemburu job fair aja.

13 komentar:

  1. Itu kok serem banget, di. Sampe ada yang kebelah tiga gitu, badannya. Wah... Merinding disko gue bacanya.

    Gak apa2, jadi pemburu Job Fair. Semoga bisa segera dapet job, ya bro. Semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Her. Lha gak usah merinding kan gak liat langsung Her.

      He'em. Ammiiinnn.

      Hapus
  2. Enak tuh bang mijta kopi di rumahnya gadol
    Itu tandanya abang bisa berhemat
    Sharusnya jgn cuma kopi doang bang
    Minta makan, minum, duit, cewek
    Biar hemat
    .
    Semangat bang nyari kerjanya
    Jgn mpe prustasi trus bunuh diri sambil tiduran di rel kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa.. iya dong Nik, hemat.
      makan, minum, boleh lah minta, lha kalo duit sama cewe orang gadol sama kek aku. sama aja bohong.

      Ok. Nik.
      hahaa enggaklah Nik, gemblung po.

      Hapus
  3. Ya ampun, serem banget itu kebagi tiga >.<
    Semangat jadi pemburu jobfair, anyway kenapa gak apply online aja, aku 6 kali pindah kantor apply online. Baru sekarang-sekarang aja justru gak pernah ngapply lagi, malah di apply :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah mba.
      Iyap, kalo apply online udah mba banyak malah. Pingin keluar sambi jalan-jalan mba gak apply online terus.

      Hapus
  4. Iya, aku juga serem itu ngebayangin orang yang bunuh diri. Duh, punya nyawa mubazir amat. Coba nyawa bisa didonorin. Masih banyak orang pengen hidup.

    Setuju sama Wuri tuh, di online banyak. Semoga cepat dapat job. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dibayangin Rum. Nyawanya sia-sia dengan begitu. Iya bener yang pengen hidup juga banyak ya.

      Biar keluar, Rum kan bisa sambil refresing jalan-jalan, gak didepan laptop terus. amiinnn.

      Hapus
  5. Itu rasa kesederhanaan dan kekeluargannya dapet banget ya bang, makan bakmie pake sendok plastik. dan minum aqua buat bertiga. Wow

    Kok ngeri ada yang bunuh diri di rel gitu ?? Nggak ada yang mencegah yaa ??
    Untung nggak liat secara langsung, kalo liat pasti nggak bisa tidur dan makan sehari tuh. Pasti kepikiran trus sampe entar2nya.

    Btw semoga cepat menemukan job yang diinginkan ya bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kekeluargaan yang terpaksa, karna ngirit sok gaya aqua bertiga.

      Lumayan ekstream lah, gak ada Az orang dia bunuh dirinya subuh, udah gitu relnya ditengah sawah jauh dari rumah penduduk.
      Tadinya malah pingin liat, tapi gak tega.

      Iya, Az. Amiinnn.

      Hapus
  6. sukses untuk tesnya, cihuy.. kirain tes masuk eh nggak tahunya untuk pegawai ya :D

    BalasHapus
  7. gila serem amat sih bunuh diri di rel. nga kebayang

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.