15 Okt 2016

Indramayu Kota Budaya dan Kerinduan

Woooww kebetulan ada acara nulis tentang Indramayu, ikutan aahh.. Ini kisahku waktu ke Indramayu, yang telah membuatku rindu untuk kembali. Disamping itu juga Indramayu Kota Budaya, bisalah buat nulis tentang budaya. Bismillahirrahmannirrahim..

Tanggal 27 Juli 2016 kemarin setelah menempuh perjalanan dari Stasiun Kutoarjo selama 4 jam setengah pada pukul 12.31 akhirnya sampe juga di Stasiun Jatibarang. Ini merupakan pertama kalinya aku berkunjung ke Indramayu. Suasana Stasiun yang begitu ramai tidak ada bayangan sebelumnya, saat keluar Stasiun disitu terlihat keramaian sebuah pasar. Rasa senang ku rasakan waktu itu dan saat mataku tertuju pada seoarang perempuan berjilbab merah tua yang berjalan menghampiriku dengan senyumannya yang manis membuatku ingin memeluknya melepaskan rasa rindu, setelah lima bulan gak bertemu.

Berkunjung ke Indramayu untuk pertama kalinya yang aku rasakan itu bahagia, selain bertemu dengan Isti juga bertemu dengan Haris sahabatku yang ku kenal pertama kali masuk kuliah. Kondisi yang panas waktu itu tak membuatku merasa panas, rasanya pingin teriak dengan ucapan, “Indramayu aku akahirnya datang setelah lama aku rencanakan, buatlah aku nyaman dengan segala yang ada dengan budaya, wisata, kuliner dan juga orang yang telah membuat aku jatuh hati”.

Dua hari dua malam aku berada di Indramayu, begitu hangat ku rasakan dan saat itu aku serasa di kampung halamanku sendiri (Kebumen). Ketika itu yang aku minta ke Isti juga Haris ‘Bawalah aku keliling Indramayu, kenalkan aku dengan Indramayu juga Budayanya tak lupa kuliner khas, tempat wisata, pokoknya ajaklah aku keliling menikmati Indramayu’.

Di bulan maret 2016 kemarin saat telfon Isti, aku bilang kalo aku nanti ke Indramayu ajak aku buat keliling setiap kali chatingan, telfon selalu aku bilang begitu, dan waktu itu tibalah aku menginjakan kaki untuk pertama kali di Indramayu. “Buat kamu terserah kemanapun aku ajak Dii, mau seharian ok, sepuasmu” kata Isti ke aku. Tibalah waktunya aku jumpa setelah beberapa bulan berusaha untuk datang ke kota mangga dan dengan budaya yang ada disitu. Waktu itu aku jadi gerbong Isti lokomotifnya aku ngikut mau dibawa kemana aja. Sempet jenguk Ayu, berhubung dia baru pulang dari Rumah sakit jadi gak bisa keluar rumah.

Hari pertama itu aku di kenalin oleh Isti ke temenya, dua orang cowok dia juga temen Haris mereka teman satu SMA dulu, dan disini aku merasa orang selundupan ketika mereka kek reuni gitu apalagi dengan Bahasa Indramayu yang aku gak ngerti.

Hari pertama setelah sholat ashar kami menuju salah satu taman yang terkenal di Indramayu, Taman Tjimanoek, pertama kali kesini yang kurasakan suasana yang adem, nyaman apalagi pas waktunya di sore hari. Tanpa basa-basi aku langsung minta makan, makanan khas yang paling enak, tapi karena bingung dan disitu yang aku mau itu gak ada (aku mau pindang gombyang) si Subhan dia ngajakin buat makan Seblak, awalnya aku kira makanan khas eh malah bukan.

Seblak pun gak jadi masalah, yang penting pertama makan untuk makanan khas bisa hari berikutnya. Banyak makanan khas Indramayu ini dan dari sekian banyak yang paling aku pingin itu, Pindang gombyang, Burbacek, Pedesan entog tiga itu yang aku pingin dan tiada hentinya aku bilang pingin yang ke tiga itu.

Kami ke Taman Tjimoanoek lima orang, Aku, Isti, Haris, Subhan, Samsul dan ternyata mereka orang nya seru bahkan somplak gak ada ku kira kalau ternyata mereka itu somplak. Taman Tjimanoek telah membuatku betah ingin berlama-lama menikmati hari itu apalagi bareng Isti, orang-orang disitu ramah-ramah cuma yang bikin aku bingung itu kalau mereka pake Bahasa Indramayu. Sebagai orang Kebumen yang terkenal dengan ngapak tapi aku Kebumen bagian timur yang logat ngapaknya tinggal 40 persen aku perlu waktu beberapa puluh detik buat menangkap Bahasa nya.

Kata Isti mah Indramayu itu Bahasanya berbeda, ada yang jawa mirip Cirebon, ada yang sunda namun sundanya lebih tepat sunda Indramayu dengan Bahasa sendiri, begitu juga dengan yang Bahasa jawa, Budaya (Bahasa) Indramayu bikin aku penasaran dan ingin belajar.

Hari pertama dari ashar sampe magrib kami di Taman Tjimanoek sholat magrib di Masjid Agung, bagiku gak lengkap kalau kesuatu tempat itu gak berkunjung dan sholat di Masjidnya juga makan makanan khasnya. Masjidnya itu kecil tempat utama yang buat sholat tapi halamanya itu luas, rasanya adem apalagi didalam Makai ac.

Sport Centre, kebetulan kami kesana malam minggu dan suasananya itu ramai, huaaaa… jadi kangen, apalagi ditemani Isti.

Hari kedua disinilah kami jalan berempat, Aku, Isti, Haris juga Taneke. Kenal satu orang lagi temenya Isti, si Taneke seorang perempuan yang parasnya cantik ternyata dia seru juga somplak. Di hari kedua perjalanan menuju Karang Song, sungguh tempat yang sangat memukau, dalam perjalanan menuju Karang Song disuguhi berjejer kapal yang sedang dibuat.

Wisata Mangruv ini bikin aku semakin betah untuk berlama-lama menikmati sejuknya hutan mangruv dan indahnya pantai. Oh iya sebelum hari kedua dimalam hari kami mampir ke Pantai Tirtamaya, awalnya Isti gak mau lagian malem juga gak keliatan, tapi demi aku dia jadi mau buat nemani ke pantai Tirtamaya. Sepulang dari Mangruvlah akhirnya aku makan Pindang Gombyang, makanan yang bener-bener membuatku jatuh hati.

Saat perjalanan menuju Magruv itu dijalanan banyak banget pohon mangga, setiap rumah pasti ada pohon mangganya. Dan saat itu ada dangdutan gitu entah acara apa aku lupa, kata Isti mah itu Organ tunggal dan itu merupakan tradisi di Indramayu kalau ada acara-acara tertentu.

Tak hanya itu, ada juga acara yang sama Organ Tunggal tapi ini acara hajatan orang nikahan, tradisinya emang gitu udah budaya Indramayu. Berarti nanti kalau aku nikah sama Isti pake Organ Tunggal dong, hemmm.. sungguh mempesona. Do’akan ya biar aku nanti termasuk jadi warga Indramayu. hahaaeyy…

Tradisi Ngarot yang aku pingin liat, cari jodoh gitu ya kalau Ngarot pernah lihat di tv.. kalau aku ikut apakah boleh? tapi gak mau lah, soalya udah ada wanita yang bikin aku jatuh hati. Buat masyarakat Indramayu mohon do’a restunya ya, biar aku nikah sama orang Indramayu. Sambutlah aku.. hahaey.. semoga diaminin oleh seluruh masyarakat Indramayu.

Budaya Indramayu dengan kesenianya, Tari Topeng kesenian Cirebon termasuk Indramayu, sungguh bikin aku jadi pingin nonton tari topeng ini, tapi orangnya gak keliatan mukanya ya kalo nonton tari topeng mah.  Ada lagi tradisi Nadran ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan ikan. Sungguh penuh Budaya pantaslah Indramayu jadi Kota Budaya posisinya yang berada disebelah barat pulau Jawa dan dari sejarah Kotanya, termasuk tanah pasudan ya? sedikit-sedikit liat-liat artikel di internet kalo yang tari topeng sama nadran ini.

Ketika liat Organ Tunggal yang diacara hajatan itu ada semacam tarian, entah apa nama tarianya semacam kuda lumping gitu atau apa gitu aku rada lupa, terus ada yang manggul patung harimau atau apalah itu soalnya liat dari seberang jalan jadi kurang jelas. Waktu liat itu aku jalanya pelan, kata Isti mah dikira aku liat penyanyi organ tunggal yang berpenampilan sexy gitu, lha ngapain juga aku liat penyanyinya orang udah ada kamu yang bikin aku gak lirik perempuan lain, hasyeekk,.. Aku tuh begitu tertarik untuk menyaksikan kesenian budayanya terlihat asyik.

Kebudayaan Indramayu ini gabungan gitu ya dari Jawa dan Sunda, jadi menurutku itu keren, kebudayaan dan kesenianya itu Tari Topeng, Nadran, Ngarot, Organ Tunggal, Sintren, Tarling juga masih ada yang lain.

Bagiku Indramayu itu seru, ngangenin.
Bahasanya itu yang menurutku keren, inget waktu mau jemput Taneke di rumah, ban motor Haris bocor, terus ban motor Isti juga ikutan jadi aku jalan biar Isti yang bawa motor sendiri kebetulan gak begitu jauh dari tkp ada tambal ban, Haris juga duluan. Waktu jalan bawa helm aku berhenti sejenak deket rumah buat nyalain rokok, nah ada tuh nenek nanya ke aku entah si nenek nanya apa aku gak ngerti bahasanya dan suaranya yang udah gak begitu jelas aku jawab aja, ‘oh nggeh mbah, ban motor bocor, nggeh, iya ‘ entahlah nyambung kagaknya aku gak ngerti.

Waktu ditambal ban juga, ibu-ibu nanya ke aku yang ku tahu cuma dua sampai empat kata, aku colek Isti, itu ngomong apa aku gak tau. Antara Bahasa jawa sunda dan karena posisinya itu kebudayaanya pun beragam dan keren.

Orangnya juga ramah-ramah yang aku temui, kayak waktu di Karang Song petugasnya itu orangnya asik, dia mah ngelawak, seru pokoknya. Aku, Isti, Haris sama Taneke disitu Isti nanya pulau biawak soalnya aku tuh pingin banget kesana setelah nanya-nanya dan pertanyaan akhir soal biaya, kami gak jadi, mahal juga ternyata 2 jutaan lha duitku aja gak nyampe 500 ribu. Lain kali lah kesana sama kalian juga terutama kamu lah Is, huhuhaa..

Indramayu membuatku kangen pingin untuk kembali berkunjung, Isti, Haris, Subhan, Samsul juga Taneke mereka dengan senangnya mengenalkan berbagai ragam yang ada di Indramayu, waktu disana aku belum mau pulang sebelum jam 10 malem selain masih melepas kangen aku ingin menghabiskan waktu menikmati Indramayu dengan Isti, juga Haris sahabat setelah lama gak bertemu , dan paginya jam 7 aku udah ngajak keluar, begitu mempesona rasa ingin berlama disana.

Selain seseorang yang bikin kangen buat kembali ke suatu tempat juga budaya, kuliner serta tempat wisata bisa jadi kangen untuk kembali. Aku pingin kembali berkunjung karena seseorang dan juga budaya, kuliner serta wisatanya, yang belum aku jamahi semua, yang belum aku pelajari lebih dalam. Indramayu Kota Budaya, Kota Mangga, tunggu akuu, izinkanlah aku untuk kembali. cieeh, ahaaayyhay..

Demikianlah tulisan yang aku buat dari kisahku untuk Indramayu Kota Budaya, seneng bisa ikutan nulis Indramayu Kota Budaya. Malah kek semacam curhat.

Bagi yang belum berkunjung ke Indramayu, berkunjunglah. Kuliner, tempat wisata yang mempesona. Budaya antara Jawa dan Sunda yang menarik.

Selamat hari jadi Kabupaten Indramayu yang ke 489 dan juga milad ke 3 komunitas blogger Indramayu, salam kenal. Indramayu Kota Budaya.