22 Mar 2016

Bulan Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan..

Sekarang udah bulan Maret dan tinggal beberapa jam lagi bulan April, berarti tinggal nunggu beberapa hari lagi masuk bulan ramadhan.

Dibulan Ramadhan apa sih yang kalian kangenin??
Ok, pembukaan yang gak lucu tapi kaku.

Bulan Ramadhan, iya aku kangen sama bulan Ramadhan, dimana waktu kecil dulu seneng banget kalo udah masuk bulan ramadhan. Kalo malem main sampe puas lari kejar kejaran sama temen-temen, Sholat tarawih sambil becanda ketawa saling dorong. Masa kecil dulu seneng banget bisa nabuh bedug di masjid kalo sehabis tarawih. Dan yang paling seru itu kalo malem tidur di masjid, dan itu dilaksanakan kalo udah libur sekolah jadi tidur di masjid itu biasanya kalo udah minggu terakhiran bulan ramadhan.

Kalo tidur di masjid, sebelumnya sehabis tarawih kami main dimana temen temen yang lain yang rajin mereka pada tadarusan. Iya, aku sama beberapa temenku dulu gak pernah tadarusan di masjid maupun musholah seperti hanya dengan anak-anak lain yang rajin.

Yang paling seru kalo udah saling ngerjain, biasanya kalo yang tidur duluan dikerjain, ngerjainya pake muknah yang warna putih. Seperti saat ada yang tidur satu orang ada yang berdiri didepanya dengan mengenakan muknah rapat. Nah kalo udah gitu yang lain pada keluar dan teriak membangunkan yang tidur atau kalo gak bangunanya dilempar pake sandal, kadan juga di ciprati air lewat jendela.yang bikin seru itu ekpresinya saat bangun liat sesosok putih didepanya, itu seru asli bikin ngakak.

Kadang juga pake kentong dibungkus muknah rapat terus ditaro dipinggir orang yang sudah tidur duluan, asli ekspresi kagetnya itu bikin kami ngakak habis habisan. Dan kami kalo udah tengah malem mukul bedug, terus kadang habis itu tidur sekitar jam setengah 2 kadang juga gak tidur kami pake gerobak membawa bedug dipukulin sambil teriak teriak gak jelas ngebangunin orang buat sahur. Ada juga yang iseng sampe gedor gedor pintu biar orangnya bangun, dan yang ada kami malah kena marah.

Terus kalo siang pas tengah hari kami pada kumpul dan diam-diam kai berbuka puasa, alesanya puasa tengah hari. Seringnya dirumah salah satu temen kami karena orang tuanya kerja sampai sore hingga kami pun bebas. Setelah itu main bola pun pada semangat dirumah kalo magrib ikut buka juga.

Kurang lebih seperti itulah waktu kecil antara kelas 4 SD sampai 3 SMP.

Nah kalo pas SMA mah udah gak lari kejar kejaran, kan aneh kalo masih main kejar kejaran.

Pas SMA kalo malem kami terawih tapi juga gak sampai selese paling cuma ikut sholat isya sama 4 rekaat terawih, karna tempat kami terawihnya yang 23 rekaat.  Sehabis erawih begadang sampai waktu sahur, kami cuma nongkrong sambil main gitar dengan menikmati rokok. Dan malem ramadhan adalah malem terindah buat mendatangi musholah- musholah lain dengan tujuan kenalan sama santri wati, bukan mau tadarus atau pengajian. Kadang sampai ke desa tetangga.

Pada saat itu pun gak juga ada yang dapet santri wati, jadi judulnya gagal dalam beraksi. Tapi asyik juga kalo bulan ramadhan sekolah masuk lebih siang dan pulang lebih awal. Kalo dikelas bisa buat tidur dengan alasan puasa, dari pada berisik lebih baik tidur guru pun cuma bisa pasrah.

Kalo acara buka bersama aku gak pernah ikut, sama sekali belum pernah ikut selama aku sekolah baik itu SMP, SMA. Aku paling males kalo sore harus keluar jauh mending dirumah nongkrong sama temen tau- tau magrib terus dirumah tinggal buka.

Kalo bulan ramadhan pas bertepatan dengan musim kemarau dan itu berarti musim panen kalo malem kami sukanya duduk duduk ditengah sawah sambil merokok dan menikmati indahnya malem dengan suara jangkrik dan binatang malem ditengah sawah. Sebagai hiburan kami membakar jerami, bener gak sih jerami?? Itu asyik banget ditengah sawah membakar jerami dengan aspa yang mengepul api yang membara membuat malem semakin seruu.

Apalagi pas dibakar ternyata ada alat perlengkapan yang buat panen dan ikut terbakar, tapi gak semuanya beberpa masih bisa diselamatkan.
Kalo tengah malem mukul bedug di masjid gak pake aturan gak cuma bedug yang dipukul tapi semua yang ada disitu gelas, pintu, baki semua di pukulin dan yang ada barang disitu rusak semua ujung ujungnya kena marah juga.

Kalo pas kuliah seru juga menikmati bulan ramadhan di Jogja sama temen-temen apalagi kalo pas libur begadang sampai pagi. Tarawih pun gak pernah, pernah sekali yang ku ingat waktu itu.. eh tapi enggak ding orang baru sholat isya terus pulang dan jadi perhatian banyak orang. Orang berdiri mau sholat tarawih eh kami malah berdiri terus pulang ke kost.

Terus yang berikutnya aras-arassen antara berangkat apa enggak, tapi akhirnya berangkat setelah ikomat kami pun telat. Nah pas nyampe didepan pintu ternyata udah penuh dan gak ada lagi tempat akhirnya kami cuma berdiri puluhan detik sambil liatin orang yang lagi pada sholat, ternyata kami jadi pusat perhatian beberapa orang yang sholat mengalihkan pandangan ke kami, lha gimana enggak, orang lagi pada sholat aku sama temenku malah berdiri didepan pintu kayak orang bego clingak-clinguk, yang akhirnya kami balik kost dan gak jadi ikut tarawih. 

Serunya kalo buka puasa bareng temen bukanya dikosku, kalo sahur juga keluar bareng. Pernah juga pas mau buka puasa bingung mau buka apa, buka dimana hingga akhirnya sampai magrib masih bingung akhirnya pun cuma beli gorengan, teh anget sama rokok jadi judulnya buka puasa dengan gorengan dan teh anget serta rokok, dan baru makan jam 10an.


Sering ngumpul bareng temen dikosku kalo malem ngobrol- ngobrol ketawa bareng melek sampe sahur. Kalo agak malemen pada sering laper terus beli martabak, beli minuman dingin, rokok, kopi kalo setelah sholat subuh baru pada tidur.

Kalo malem melek sampai sahur seteah sholat subuh tidur sampai dhuhur terus mandi sholat nonton film tau-tau udah ashar terus sholat lanjut nonton film sampe magrib terus buka. Udah kek gitu kerjaanya dikost, bebas banget beda kalo dirumah, kalo dirumah kek gitu mah gak enak sama orang tua.

Aku kangen masa masa menikmati bulan ramadhan di jogja sebagai mahasiswa.kalo sore itu sekitar UMY, kampus tercintaku itu rame banget, asyiik suasananya.

Dan aku gak tau untuk bulan ramadhan tahun ini seperti apa, karna semua dari kecil sampai kuliah hanya kenangan dan gak akan terulang lagi. aku kangen bulan ramadhan, kangen menikmati indahnya dan nikmatnya puasa berpanas panasan dijalan dengan temen, buka puasa bareng.

Puasa lebih terasa nikmat saat kita berada ditengah aktifitas dan panasnya hari ditengah jalan dengan keadaan macet.

Yah itulah sedikit cerita dariku, sebenrnya masih banyak tapi udah lah segini aja biar gak kebanyakan, gak capek juga yang baca. Ini udah banyak woyy capek yang baca, mending kalo menarik kalo enggak.

Makasih bagi yang udah baca, yang udah koment juga..

28 komentar:

  1. Jadi ikut kangen bulan Ramadhan. :( Ingat masa kecil yang penuh tawa.

    BalasHapus
  2. Kasian y di bedugnya dipukul
    Emang bedugnya salah apa di? Kamu jaat
    Wah seru juga y gangguin orang tidur pake mukena
    Kenapa engga ngajak2 saya di
    Kan seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedugnya salah karna gak mau bunyi sendiri.
      ngapain ngajak kau nik, gak ada manfaatnya.

      Hapus
  3. Yang di kangenin di bulan ramadhan itu aku pribadi bisa jadi lebih sabar dan kangen masakan yang khusus di buatkan pada bulan ramadhan saja haha

    BalasHapus
  4. Ramadhan waktu kecil memang seru banget, apalagi pas Kuliah subuh.
    tapi kalo udah kerja, gak ada waktu buat main, yang ada pulang kerja langsung istirahat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kai waktu kecil emang seruu.
      iya kalo udah kerja mah gak ada waktu buat main. makane ku nulis beginian.

      Hapus
  5. Itu dikerjainnya sialan banget. Kalau aku dikerjain kayak gitu pasti bakalan nangis kejer :'D

    Whaaaaaaaaaaat kamu nggak pernah ikut bukber pas jaman sekolah, Di? Aku malah suka ikut bukber. Nggak sukanya kalau udah ketemu mantan. Huhuhu.

    Bulan Ramadhan waktu masih kecil lebih berkesan sih daripada pas udah gede. Lebih rajin juga tarawihnya. Dulu waktu kecil suka sampe selesai. Pas udah gede cuma sampe delapan rakaat aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa... ya gak sialan lah cha, kalo aku yang dikerjain juga bisa pinsan.

      enggak pernah cha, males kalo keluar. bhahaaa.. bukane seneng ketemu mantan cha.

      Hapus
  6. Cuma panas panasan ? lu belum pernah kan di nyangkul tengah hari bolong waktu puasa ? kejadian itu gue alamin waktu KKN dulu, dan kegiatan itu berhasil bikin pertahanan gue jebol haha.

    Eh, April ?
    gue baru tau kalau bulan buasa di April besok :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya erd cuma panasan. belum lah erd kalo udah pasti kutulis. KKN mu keren juga ya puaa puasa nyangkul,kan cape jadi gak papa jebol. hahaaa..

      bukan April.
      kalo gak Mei Juni.

      Hapus
  7. bulan ramadhan di kampung memang jadi memori terindah, tadarus sampai malam, sholat subuh lalu jalan2 pagi, tidur siang2 di masjid :)

    BalasHapus
  8. ihihii seru yaa cerita bulan ramadhan masa kecilnya :D

    kalo aku sih, yang dikangenin dalam bulan ramadhan itu yaa suasananya, dimana kita bisa setidaknya merasakan apa yang dialami mereka yang kurang mampu diluarsana, dengan itu hati kita tiada hentinya berucap syukur.
    dan pastinya masakan ibu dibulan ramadhan ehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ris, seru maksimal.

      iyes bener itu ris kita jadi bisa merasakannya. iya.
      bener, hasyeek.

      Hapus
  9. iya yah bentar lagi puasa.
    Gak kerasa udah setaon lewat.
    Perasaan baru kemaren lebaran.

    Gue juga kangen bulan puasa waktu gue kecil.
    Lebih seru daripada sekarang.
    Soalnya dulu, kalo takbiran pasti selalu dateng ke rumah nenek gue.
    Main kembang api, nonton ampe pagi sama spupu2. Rame dah.
    Sekarang sih masih suka dateng, tapi udah gak seru. Nenek gue dah meninggal, sejak itu udah gak ada yang seru lagi.
    *loh curhat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cepet banget rasanya, padahal udah hampir setahun.

      karna bulan puasa waktu kecil itu seru, asyik.
      gak papa curhat juga, gak ada larangan juga.

      Hapus
  10. Bulan Ramadhan yang dikangenin ya ngabuburit dan bukbernya :)

    BalasHapus
  11. Wih gak terasa ramadhan udah makin deket ajaaa.

    Mas Adi, masa gak pernah bukber selama masih sekolah? Yawlah padahal seru banget loh kalo bisa bukber bareng temen sekolah, menu buka puasanya bervariasi dan banyakk banget, tapi gak di makan semua sih wkwk (?) :3

    Yang aku kangenin sih suasana sahur sama buka puasanyaaaaa, beda aja sama suasana di hari-hari biasa. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gak terasa nov.

      gak pernah nov, males keluar. seru ya kalo bukber duuhh payah nih aku, gak pernah ikut.waah sayang ya kalo gak dimakan semua.

      suasananya beda-beda gimana gitu ya nov,

      Hapus
  12. Eng... jadi kangen ramadhan juga :' ramadhan dimasa kecil apalagi :' main petasan sebelum tarawih , sepedaan habis sahur, takjilan :' aaah rindu :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi feb ramadhan, iya. aiih itu seru banget feb, masa kecil bahagia. rindu rindu rinduuuu

      Hapus
  13. aiiiiih, dahsyat baca postingan ini :)
    iya,s aya lirik kalender, idul fitri 6-7 juli
    berarti, ramadan sekitar awal juni yang 2 bulan lebih lagi...

    *sahur sahur

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiihh masa sih bang.
      *seneng banget dalam hati, preketek.
      wah iya tah, aku malah gak liat kalender.

      Hapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.