14 Mar 2016

Telor

Telur,ngomong soal telur merupakan kesukaanku. Terutama yang namanya telur yang dihasilkan oleh bebek, yaap telur bebek.

Inget jaman kecil dulu kalo tidur tempat nenek paginya bangun tidur ke kandang bebek ngambilin telur, yang terus kemudian di buat telur dadar sama nenek buat sarapan. Nah dari situlah karna dari kecil dulu sering makan telur jadi sampai sekarang jatuh hati sama telur.


Dari telur dadar, telur asin semua ku suka, waktu kakek masih ada dulu sering banget dibuatin yang namanya telur asin dan asli itu merupakan telur asin terenak yang pernah ku makan, bahkan se asia tenggara sekalipun itu paling enak.

hasil jepretan sendiri; ini nih telur bebek yang udah jadi telur asin.
Biasanya kalo beli kebanyakan telurnya hasil dari obat, bebeknya dikasih makan yang menghasilkan telur jadi rasanya kurang gitu. Kalo dulu kakekku itu punya banyak banget bebek, ratusan bebek sering juga dipotong dan dimasak berbagai macam tapi yang kusuka itu kalo nenekku masaknya di bikin semacam opor, asli nikmat banget.

Kalo dulu bebek kakekku itu di angon, apa ya bahasa indonesianya angon… emm kayak kerbau itu lho, coklat mengembara kerbau, nah gitulah. Kalo angon gak tau aku itu bahasa indonesia atau bukan. Jadi kalo bebek yang di angon itu telurnya lebih enak kalo dibuat telur asin, yang tengah telurnya itu warnanya merah gak kuning, kalo sekarang kebanyakan kuning. Dulu ditempatku ada beberapa orang yang memelihara bebek salah satunya kakekku, tapi sekarang udah gak ada lagi, paling cuma melihara 4-11 ekor.

Tapi selain telur bebek, telur ayam kampung juga enak nyammi banget. Dari kecil selain makan telur bebek yang sudah menjadi menu hampir tiap hari juga telur ayam kampung.

jepretan sendiri; nah kalo yang ini telor bebek sama ayam kampung yang masih mentah.
yang depan telor ayam kampung. masih kotor baru ngambil dari kandang.
Kalo telur yang dari ayam petelur waktu kecil dulu kalo makan telur itu rasanya beda, dari kecil makanya telur bebek sama ayam kampung jadi serasa aneh aja kalo makan telur ayam petelur. Tapi sekarang mah udah biasa, merupakan kesukaan kalo makan telur, baik dadar, ceplok, mata sapi, rebus, bakar, maupun apalah model dimasaknya tetep aja enak.

Kalo soal masakan urutan asakan paling enak itu, yang pertama jelas masakan emak. Kalo yang kedua itu masakan nenek, yang ketiga itu masakan buklek yang keempat masakan sendiri sama masakan kakak. Iya gak sih kalo masakan emak itu ngangenin waktu masih kuliah kemarin kalo pulang makan masakan emak itu enak banget. Kalo masakan istri… emmm gak tau soalnya belum punya istri. Ini kenapa malah nulis masak gini sih.

Dan asli aku kangen sama telur asin buatan kekekku, telur dadar buatan nenekku. Sekarang itu sudah gak ku dapatkan lagi terutama yang telur asin, kalo telur dadar juga kayaknya udah jarang banget, bebeknya juga sekarang udah gak ada. Udah ga melihara lagi.

Kalo soal manfaat telur bebek maupun telur ayam, aku gak tau. Kalo mau tau cari aja sendiri banyak artikelnya. 

*** tambahan post***
Saat pertama ku kenal denganmu membuatku terpikirkan kamu
Aku yang cemburu terhadapmu, aku yang mengkhawatirkanmu
Aku yang takut kehilanganmu
Ku rindu senyummu saat kita berdua
Hatiku sudah terpikat sebab itu aku sayang, semakin hari semakin merinduimu
Kau lah wanita yang selalu membuatku tuk tersenyum
Senyum manismu
Aku rindu, aku merindukanmu
Ku merasakan betapa berat hatiku tuk melepaskanmu
ku relakan biar susah, payah  asal bisa denganmu selamanya
Udah gini aja, pas nulis sambil dengerin lagu Malaysia ''adakah kau setya''.. jadi nulis syair.

Akhir-akhir ini lagi kurang berkunjungnya aku, kurang bewe soalnya lagi sibuk ikut anggota buat The Expendables 4. Gak gitu juga sih.. lagi berjuang untuk masa depan.. hasyyeekk.
Udahan segini aja, terimakasih banget bagi yang udah baca tulisan ini, yang udah baca+koment yang sering mampir kesini makasih banget. Nanti aku mampir ketempatmu, tunggu ya.

Kebumen, 14 Maret 2016.




21 komentar:

  1. Liat telur bebek ini jadi keingat praktek kelas 3 SMP bikin telur bebek dengan cara di timbun dengan ampas arang dan batu bata dan hasilnya saya nggak cobain karena nggak suka =D

    BalasHapus
  2. Ya Allah telor asin aja dibikinin puisi, masa aku enggak. :')
    Kalo telor asin, guagak suka yang terlalu asin, suka merem melek makannya.
    Telor bebek enaknya di goreng sing lada nya yang banyak. ntap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa...
      emm. kasinen itu kalo sampe merem melek.
      iyess bener sekalee..

      Hapus
  3. Dulu tengah telurnya merah y, sekarang kuning, nanti ijo dah di
    Ada telor mata sapi, tapi dibuatnya dari telor ayam atau telor bebek, ga ada hubungannya sama sapi
    Aneh loh
    Terus juga sapi itu ga bertelur, kenapa g dinamain telur mata ayam atau tlor mata bebek j y
    Anehkn

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang Adi, komentar yang ini abaikan aja bang, udah abaikan aja -_-

      Hapus
    2. iya nik, jadi telur rambu.
      aneh banget nik, kayak kau lah aneh beneran.

      kata izhar suruh abaikan, yaudah lah tek abaikan.

      Hapus
  4. Telur asin lebih muantappp di bakar.

    BalasHapus
  5. Weleh emang yeh pengamat telor, bisa bedain mana rasa telor bebek, mana rasa telor ayam kampung, mana rasa telor ayam petelur. Padahal perasaan gw sama aja bang, atau mungkin cuman gw doang yang nggak tau bedain ? hmm masih menjadi sebuah misteri.

    Bang Adi, nanti gw mau buat Telor mata Niki, mau ikut nyobain nggak ? iya telor mata niki, jadi nanti gw mau nyongkel matanya trus di campurin ama telor bebek trus di goreng biar ada unsur bang Nikinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga enak har, tlor mata nikinya
      Gw pernah nyoba dulu

      Hapus
    2. pengamat kayak apa aja Iz. perlu dipecahkan tuh msterinya.

      ok Iz ikut aku.

      Hapus
  6. Telor asin buatan Kakek jadi favorit Adi. Ntar kalau Adinya udah punya istri, pasti telor asin buatan istrinya dong yang jadi favorit. Yuhuuuuuu~

    Ciyeeee lagi berjuang buat masa depan. Lagi ngapain tepatnya, Di? Sibuk nyari kerja? Apa lagi mau ngelamar anak orang? :D

    BalasHapus
  7. pulang dulu kalo begitu mas.
    kalo saya dulu suka nungguin ayam lagi nelus pas keluar telurnya langsung saya ceplok mas. tantangnnya itu lo yang bikin enak

    BalasHapus
  8. Aku juga suka tuh sama telur, ya walau dulu sempet merah-merah gara-gara kebanyakan telur. Soalnya enak sih, bisa divariasi. Kalo telur dadar kan keliatannya sama aja tuh, tapi kalo bumbunya beda pasti rasanya nanti beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh bisa divariasi. keliatanya emang sama, bumbu beda rasa beda lah ki, masa bumbu beda rasa sama.

      Hapus
  9. Yang penting jangan terlalu banyak, Di. Nanti bisulan. Hehehe. Anjir, ngangon. Bahasa Jawa amat itu, ya. Hm... bahasa Indonesianya apa, ya? Gue juga lupa. XD

    BalasHapus
  10. Suamiku suka banget ma telur asin. Kalo aku gak masak, cukup belikan ini aja, dia gak bakal protes. Hahaha

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.