16 Jul 2016

Catatan Bulan Ramadhan dan Idul Fitriku.

Puasa kemarin ini, tahun ini nih hari pertama puasa pagi-pagi jam 7an duduk dimotor dipinggir jalan sampe 57 menit, gila kayak orang stress gitu aku, tek bela-belain nungguin Titi yang mudik dari jogja mau ke hutan halamanya di Purbalingga. Dia mau ngasih rokok Marlboro cuma rokok aja kubela-belain segitunya coba, apalagi kalo buat kamu.

Yang bener aja udah lama banget aku gak rokok Marlboro, itu rokok ku pesen saat Titi mau wisuda seminggu sebelum puasa, aku udah minta itu sama minta adek cewe sepupunya ehh pas hari H aku gak bisa dateng daripada mubadzir yaudah ku bilang kalo mudik bawa aja mampir rumahku. Waahh akhirnya dibawiin juga meski tek bela-belain nunggu pinggir jalan.

Pingin banget rokok Marlboro udah lama banget gak rokok yah namanya juga masih free rencana mah pas puasa udah dapet kerjaan yang sesuai ehh malah free hemm.. masa iya sama perempuan yang kusayang jaraknya udah jauh masa ya terjadi juga sama Marlboro kan gak asyiik. *maksude opo pragraf ini nih.

Di minggu pertama ikut kursus setir balap truk fuso mobil,  biar ada kesibukan kan mayan jadi bisa keluar rumah gak cuma di rumah aja, nanti bisa-bisa bertelur pulak bisa mati juga dikerubuti semut.

Kursus selama seminggu, hasyekk kalo gini kan dikiranya dapet kerjaan aku sama orang-orang yang gak tau, lulusan hukum coyy masa udah mau lebaran malah gak ada kerjaan, gak dapet THR. Yang lain pada mendesah-desah THR nah aku mendesahi apa coba.

Kursus selama seminggu biar dapet sertifikat kan keren kalo dipajang, bersertifikat gitu. Sekarang kan enakan bersertifikat, bakso aja ada yang punya sertifikat, bakso bersertifikat halal. Makane yang punya pasangan belum halal cepetan di halalin biar enak maau ngapain juga. Jangan belum halal udah main dinikmati aja, sembarangan kalo ini, kasian.


Selama seminggu kursus dapet sertifikat juga, dua hari kemudian menuju satlantas bikin SIM. Gila bikin SIM aja ribet bener bolak- balik satlantas nyape 5 hari kan edan, udah kayak ngantor aja. 5 kali kesitu buat parkir aja udah 10rb mendingan kesitu markir mah bisa-bisa buat tabungan lebaran sama buat nge-halalin pasangan yang jauh disana.

Orang dulu bikin SIM C aja gak langsung jadi, padahal mah naik motor udah tiap hari udah kemana-mana juga, naik gunung lewati lembah nyebrangi lautan selap selip sana-sini juga, giliran praktek bikin SIM gak sekali lolos. Edyaaann..

Ikut kursus biar ada sertifikat terus buat bikin SIM A kirain bisa nambahin point eh malah gak bisa juga, oraa kanggo sertifikate, sertifikat dari luar gak laku harus sertifikat yang dari LPK polisi lpk dalam, kan kamprett, bangkeee..

Setelah hari ke lima akhirnya dipanggil juga buat foto SIM, lima hari mexx capek juga, kesel sebel juga sebenernya mah.

Minggu ketiga sampe selese udah gak ada acara ngapa-ngapain, tiduran gelinding kanan gelinding kiri persis slinder. Muter lagu yang teriak –teriak ikut teriak juga tau-tau ada sandal nampar kepala, sepatu terbang.

Kalo malem melek sampe pagi, kerjaanya nge-chat gangguin orang, gangguin pacar orang, gak  kalo istri orang mah gila apa. Nelponin orang tengah malem berkali-kali sampe diangkat kalo gak diangkat pas bangun liat hape mesti kaget sambil bilang gini ‘adii gila ini orang nelponin melulu’ tetiba semua kontakku diblokir *gak ding. Malem ga tidur paginya bales dendam puasa 14 jam yang 9 jam tidur, astaghfirullah..

Puasa itu asyiknya emang pas udah akhiran rasanya itu beda, kalo aku lebih lemes dari pada hari sebelumnya. Orang yang  turun gunung, pada pulang naik gunung lagi, yang mengembara pada balik ke kampung halaman, yang gak punya kampung halaman pulang ke kampung halaman orang.

Sebelum lebaran kurang 3 hari ada acara buka bersama bareng temen-temen SMA ini acara bukber pertama yang ku ikuti selama ini. Asyik juga ketemu sama temen-temen yang udah 5 tahun gak ketemu.

Apalagi kalo pas buka puasa terahir di bulan ramadhan aiihh rasanya itu bahagia. Alhamdulillah puasa kemarin tahun ini bisa sampe selese dan juga bisa melaksanakan sholat tarawih dari awal sampe akhir. Soale di rumah udah gitu rumahku deket masjid jadi gk ada alesan buat gak ke masjid, gak kayak tahun-tahun sebelumnya waktu masih kuliah.

Alhamdulillah karena bisa melewati bulan ramadhan dengan puasa full dan tarawih lebaran pun jadi berasa banget. Lebaran mah cuma di rumah gak mudik gak kemana juga, di rumah dan hanya di rumah.

Lebaran dilalui dengan acara biasa bertemu dengan keluarga, kakak, adek pada pulang adek sepupu pada pulang, mudik ke rumah nenek yang rumahnya deketan sama rumahku. Ini lah alesan kenapa gak pernah mudik, karna rumah nenekku cuma deketan yang satu jarak kurang lebih 239 meter yang satunya lagi cuma desa sebelah.

Hari ke tiga lebaran ada acara kondangan ke rumah temen SMA ku dulu berangkat bareng sama beberapa temen yang lain, seperti pada dasarnya yang sebelumnya waktu selese acara bukber udah dibahas kemudian di buat komunitas juga di WA yang pada mau ikut berangkat bareng namun, sampe hari H yang bisa cuma 4 orang itu juga sama aku.

Acara kondangan yang pertama ini gak terlalu esktrim, gak kayak acara kondangan yang kedua di hari berikute. Hari ke tiga kondangan tempat Tika hari ke empat tempat Reny.
Kondangan tempat Tika biasa kumpul rumah Monik terus berangkat, yang brengsek nungguin Ali sampe berkarat ngaretnya gak kira-kira.

Kalo tempat Reny kumpul rumah Ali sebelum berangkat, namun karna nungguin cewek itu lama banget jadi aku, Ali, sama Hafid berangkat duluan. Asli cewek ini ribet banget ga tau dah mereka tuh dandanya pake apa.

Kami bertiga gak tau rumahnya dan al hasil kebablasan sampe 2 KM lebih naik ke gunungan malah udah mau ke Wonosobo, rumahnya disebelah utara agak ke barat sebelah Kebumen yang artinya itu di daerah gunungan.

Kami bertiga gak ada yang baca undanganya gak ada yangliat denah di undanganya, karna awalnya itu mau berangkat bareng-bareng dan yang cewekitu tau rumahnya makane kami bertiga cuma ngandelin yang tau. Eh malah gak berangkat bertiga, rumahnya itu di desa wadasmalang, karangsambung. Kata Winda sih jalanya naik terus pinggirnya jurang-jurang gitu, terus kata Nisa jalanya naik dan rusak.

Kami juga bingung masa sih rumahnya sampe sejauh ini, dan kampretnya hape kami sinyal dan jaringanya pun ngilang entah kemana yang ada malah garis. Didaerah situ banyak banget orang nikahan dan udah berapa kali nanya juga salah. Orang masih 5 KM lagi udah nanya karna disitu ada orang hajatan gila aja, kami gak tau dimana.

Ternyata pemandanganya bagus juga Kebumen bagian utara, aku taunya mah bagian selatan isinya pantai. Sayangnya gak sempat foto, waktu naik mau foto tapi, kami mendahulukan buat ke rumah Reny dulu malah gak taunya ke bablasan. Terus pas balik karna jalanya turunan,terjal dan rusak kami kebablasan lupa tadi waktu naik mau foto dimana aja, udah kelewatan males balik naik alhasil gak jadi foto, cuma foto sekali itupun ditempat yang biasa pemandangane.

Perjalanannya itu dua jam lebih, gila itu mah kalo dari rumahku terus ke timur udah nyampe jogja lha ini masih di Kebumen itu pun belum masuk Wonosobo, luas juga ternyata.

Kata Ali mah kalo udah nyampe tempat Reny makan yang banyak, laper dirumah juga belum makan udah niat mau makan tempat Reny. Kampret cerdas juga dia.

Setelah nanya-nanya sampe lah di rumah Reny disitu ada Monik sama Fahmi. Sampe TKP kami makan, minum, ngisi buku tamu, sama masuin amplop terus foto, kampretnya kami cape-cape same situ Monik malah ngajakin pulang dia mau kerumah kakaknya kan kampret. Tapi Alhamdulillah Fahmi ngajakin mampir ke rumah jadi mayan bisa istirahat.

Waktu kebablasan sampe atas ternyata disana ada dua curug, lupa namanya belum begitu dikenal sih karna lokasi dan jalanya yang susah. Niatnya kami mau balik setelah kondangan udah ngobrol-ngobrol juga sama tukang parkir disitu dan tukang parkir itulah yang ngomong kalo wadasmalang udah kelewat 2 KM.

Disitu gak ada rumah gak ada perkampungan cuma ada 4-6 rumah itu pun masih agak dibawah. Cewek situ juga ternyata canti-cantik sepanjang kami lewat banyak banget cewek cantik walaupun tempatnya gunungan jauh gitu mukanya cantik, bersih kayaknya gak nyangka kalo itu orang situ.

Ali aja udah mau nyari satu situ, terus ku bilang percuma aja li dapet orang sini jalanya gini, udah gitu gak ada jaringan pulak. Iya yaa.. dasarr.

Lebaran tahun ini 1347 H aku masih dikasih duit lebaran juga sama nenek, kakak, sodara, bahkan sama adek sepupuku, sebenernya mah rencanaku tahun ini bisa ngasih ke adek-adek sepupuku yang masih kecil, total kurang lebih punya adek sepupu 14 adekku 2, Alhamdulillah gakpapa juga sih tek terima, rejeki gak enak juga kalo nolak. Mungkin karna aku kebetulan belum dapet kerja yang sesuai malah masih free jadi dikasih, hahaaa..

Itulah secuil catatanku di bulan ramadhan dan idul fitri 1347 H.
Makasih banget bagi kalian yang udah ngeluangin waktu buat baca ini. 
Persawahan.

20 komentar:

  1. kemarin kata ibuku gini,,
    tahun ini tahun terakhir kamu dapet Uang lebaran ya.
    kamukan sudah wisuda jadi tidak dapat uang lagi.
    terus aku jadi ga bisa tidur seminggu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuhh..
      Tahun depan yang ngasih ya.
      Seminggu gak tidur, kereenn.

      Hapus
  2. Mau dong di kasih duit lebaran juga.. justru tahun ini malah aku yang ngasih lhoo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emm..
      Waahh seneng ya udah bisa ngasih.

      Hapus
    2. Ya seneng sih walaupun belum seberapa :)

      Hapus
  3. Trus yg punya blog ini kapan dikondangin?

    BalasHapus
  4. Minal aidin wal faidzin yah, cees :)

    BalasHapus
  5. Semoga tahun depan sudah bsa kasih THR buat keluarga dan suadara :D
    Minal aidzin juga yak :D

    BalasHapus
  6. Wah Alhamdulillah ya puasanya dan sholat tarawihnya full dari awal sampe akhir, kalo aku mah gak sampe full. Hiks.

    Enak bener masih di kasih uang lebaran sama anggota keluarga, aku juga mau tapi kata nenek aku udah gak pantes dapet uang lebaran lagi, udah tua :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, alhamdulillah nov, cewe kan emang gak full ada libure.

      Iya ini masih dikasih, sama nenek juga.
      Hahaa.. pantesnya yang ngasih ya.

      Hapus
  7. hahah iya di, klo ngurus sim pas masa masanya mau lebaran ato sesudahnya emang kudu sabar, nguantrinya itu loh...ampun deh
    uda gitu ribet administrasi yang difotocopy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ribet kalo bikin sim nang bumen.. hehe

      Hapus
  8. wah kece juga blognya,

    Regards,
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  9. bisa sekalian cari2 tuh.. bener, kalo cantik2 dibawa pulang langsung, hehe

    mohon maaf lahir dan batin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa mah tek bawa pulang langsung bang.

      Hapus
  10. Aku berharap kamu tahun depan kasih aku THR. Ga mau tau.. haha
    Iya mendingan buat ngehalalin pasangan tau parkir 10rb mah😂

    BalasHapus
  11. Sepertinya saya juga bakal ke cipratan THR nih kang, ahi hi hi.

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.