19 Jul 2016

Soal MaBa; Fase-fase Agar Mahasiswi Baru Jadi Tertarik

Liburan panjang semester sudah berakhir bagi para anak sekolah yang udah masuk sekolah seperti biasa. Dulu waktu masih sekolah hari pertama masuk itu bisa aku rasakan betapa malesnya buat sekolah kagak ada semangatnya blas.

Bagi anak sekolah sudah berakhir namun, bagi mahasiswa belum berakhir liburan masih lama kecuali buat sebagian mahasiswa yang ada keperluan ataupun bagi kampus yang udah memasukan para mahasiswanya buat masuk kuliah, cepet bener kalo emang udah ada yang masuk kuliah menerima materi, kan September baru masuk.

Berhubung ini pada semester ganjil berarti ku ucapkan selamat datang buat para mahasiswa baru terutama para mahasiswa baru di kampusku waktu aku menuntut ilmu salamat datang buat para mahasiswa baru fakultas hukum universitas muhammadiyah Yogyakarta, welcome to the family.

Hari pertama masuk biasanya ada ospek kalo kampusku namanya mataf (masa ta’aruf) dimana masa perkenalan dengan para mahasiswa dan lingkungan kampus.

Pada masa kek gini biasanya para mahasiswa angkatan atas ataupun angkatan yang agak atasnya lagi sampe yang bisa dibilang angkatan legend lirak- lirik pada mahasiswi baru terutama bagi para mahasiswa yang masih jomblo apalagi mahasiswa yang udah jomblo lagi bimbingan skripsi, udah siap wisuda udah gitu temen-temenya udah punya pasangan. Terlihat cari mahasiswi baru siapa tau ada yang mau biar kalo wisuda gak jomblo.

Aku dulu pernah ikut jadi panitia dalam kegiatan mahasiswa baru, cuma sayang bukan dibagian yang keren jadi gak terkenal.


Awalnya gini, waktu itu masih bisa dibilang sebagai mahasiswa yang belum lama. Aku sama temenku si yoyok ikut organisasi kampus kalo yoyok tujuanya biar bisa ikut panitia mahasiswa baru kalo aku nyari pengalaman biar nantinya kalo lamar kerja ada keaktifan di organisasi, nambah-nambah data diri kan mayan jadi banyak.

Pertama kami ikut Senat mahasiswa fakultas, dan saat itu yoyok ikutan jadi panitia tapi ku lupa dia jadi apa yang jelas sih bukan jadi tukang bersih-bersih. Kalo aku gak ikut karna posisi di kebumen males banget mau ke jogja ngampus, liburanya aja ku tambah seminggu baru berangkat. Terus ikutan BEM dan kali ini aku ikutan tapi hanya sekedar ikutan aja karna bosen di rumah posisi sebagai keamanan, apa-apaan coba ikutan panitia cuma jadi keamanan. Yoyok juga punya tujuan sapa tau nantinya ada mahasiswi baru cantik yag mau sama yoyok.

Tapi setelah ikut gak dapet mahasiswi baru, baru dapet setelah semester 5 apa 6 gitu yoyok baru dapet itupun bukan maba tapi dia angkatan bawahnya beda fakultas.. akhirnya niat dari awal masuk kuliah biar dapet pacar akhirnya terkabul juga, kalo aku?? Hmm.. boro-boro.

Pada saat ikut acara panitia para panitia mengadakan acara untuk foto sama panitia bagi mahasiswa baru nyari panitia setidaknya berapa orang gitu aku lupa karna ku gak tau, tau -tau ada beberapa mahasiswi yang minta foto, gilaa udah ge’er serasa jadi menteri aku pada minta foto. Padahal terkenal juga enggak aku, nampang juga kagak beda sama yang lain pada nampang, aku mah masa bodo dengan nampang yang penting ngampus udah bosen nganggur dirumah libur kelamaan gak ada temen.

Waktu itu aku lagi duduk sendiri iya sediri depan gedung Fakhrudin B nunggu temenku sambil menikmati rokok sante lah lagian juga gak ada kerjaan juga, kampreet juga ikut jadi panitia nganggur. tetiba ada 4 mahasiswi yang minta foto, terus waktu mau sholat ada lagi beberapa mahasiswi yang minta foto juga. ada juga mahasiswi yang minta foto sendiri yang lain fotonya bareng-bareng 4 orang,  orang yang ini malah minta fotonya cuma berdua.  setelah sholat ada juga 3 mahasiswa yang minta foto eh malah gak taunya yang satu dari kabupeten yang sama, tetangga (kecamatan) sebelah tadinya foto dengan gaya merokok tapi itu gak boleh jadi foto dua kali.

Sayangnya aku gak punya fotonya dan setelah itu lupa sama muka-muka mahasiswi yang minta foto, lupa juga sama namanya. Inget cuma sama mahasiswa yang satu daerah namanya fauzi.

Apa-apaan coba ada acara foto segala pas jam istirahat buat sholat sama makan, ganggu istirahat aja, ternyata ini adalah cara modus panitia mahasiswa yang jomblo hahaa biar dapet foto sama mahasiswi baru terus kenalan minta kontak, aahh gaya lama gitu. Bagi para mahasiswa baru kesempatan juga buat foto sama kenalan dengan panitia mahaisiwi yang cantik. Kami satu fakultas dan satu bidang studi jadi gak sebanyak fakultas lain yang terdapat banyak bidang studi.

Bagi kalian yang mau nih ada beberapa yang harus dilakukan agar bisa terlihat menarik, menawan dan elegan didepan para mahasiswi baru, biar mahasiswi baru tertarik sama kau kalo ternyata gak tertarik itu perlu dilepas iketanya jadi enak nariknya.

Fase pertama, harus ikut jadi panitia dulu biar kenal soalnya kalo gak kenal gak cinta eh gak kanal maka gak sayang jadi kalo kenal sayang ya.

Fase kedua, gak usah terlalu nampang so’-so’an cari perhatian mending cari ipk atau kalo sekarang cari pokemon pasti banyak tuh disekitar kampus coba aja besok. Biasa aja jangan terlalu keliatan gitu (keliatan nampang, sok-sakan).

Fase ketiga, terlihat ceria kalo ceria kan enak diliatnya jangan pasang muka nesu karna inget kenangan sama orang yang special atau karna skripsi belum di acc tugas belum kelar / belum lulus. Muka nesu itu gak enak diliat ntar yang ada digampar sama mahasiswi karna mukane ngeselin, gak pingin kan digampar.

Dumb and Dumber to. seperti mereka caria.
Fase ke empat, asyik dan lucu bisa kenal gampang membaur enak bicaranya bisa bikin ketawa juga, enak kan kalo orang yang asyik juga bisa melucu tapi inget jangan melucu melulu dan lucunya itu yang bisa bikin mahasiswi ketawa jangan malah ketawa sendiri sedangkan lainya gak tau maksude.
Warkop Gengsi Dong. Kasino orangnya lucu dikenal juga.
Fase ke lima, cool keren bergaya yang coolllll tapi jangan so’ cool nanti kalo so’ cool yang ada dipanasi biar gak terlalu coll.

Fase ke enam, cuek sebenernya ini mah gak baik tapi gakpapa asal jangan cuek tingkat olimpiade sampe ditanya ngalor jawab ngidul diajak bicara malah nyari pokemon. Cueknya biasa aja ditanya jawab seperlunya kalo gak ada yang perlu dijelaskan gak usah dijelaskan, gak perlu penjelasan semuanya udah jelas, kalo pertanyaanya sebutkan ya sebutkan aja. Apalagi malah sampe curhat itu jangan.
Tim Robbins. The Shawshank Redemption. kalem, col, juga cuek.
Fase ke tujuh, tunjukan kalo kau emang mahasiswa bukan setengah mahasiswi apalagi bentuk mahasiswa tapi tingkah mahasiswi, inget bahwa ini di kampus. Lelaki ya lelaki, jangan setengah kalo setengah mah mahasiswi juga gak mau lah dijadikan pasangan.
 
Jason Sthatam. Home Front, nih keren laki banget dalam film nya.

Fase ke delapan, berwibawa, elagan bersikap lah yang ramah sopan terlihat berwibawa juga elegan pasti ini menarik bagi mahasiswi ketimbang dengan sikap yang so’ keren.

Fase ke sembilan, kalem aja nyante gak usah pecicilan cerewet, so’ ngatur. Nyante aja karna ada waktunya jangan terburu-buru namun juga jangan kelamaan nanti keburu diambil alih sama mahasiswa yang lain.

Fase ke sepuluh, cari yang cantik kalo gak dapet yang cantik atau karna gak pede sama yang cantik cari aja yang biasa kenalan dulu jangan langsung main bom kenal juga belum. Perlu diketahui kebanyakan mahasiswi itu kalo udah naik semester akan terlihat elegan, cantik, steylis, modis karna mereka biasanya udah tau penampilan, kenal perawatan. Jadi gak masalah kalo dapet yang biasa tunggu aja nanti juga bakalan cantik kalo udah semester atas udah nambah dewasa. Maklum kalo masih maba masih ala kadarnya nanti juga akan penyesuaian dari siswa ke mahasiswa.
Emma Stone. Amazing Spiderman
Fase ke sebelas, senyum, dengan senyum raut muka akan enak dipandang namun, juga jangan senyum senyum terus ada batasanya ada waktunya juga ada tempatnya buat senyum.

Fase ke dua belas fase terakhir gak usah banyak-banyak, dua belas aja fasenya, yaitu ganteng, stylis, col. Kalo mukamu udah ganteng udah gak usah repot-repot udah pasti juga mahasiswi baru udah ngelirik. Ganteng juga harus stylis, rapih,  jangan udah ganteng tapi penampilan acak-acakan kayak mahasiswa yang gak lulus-lulus jadi legend dikampus. Udah ganteng gak perlu so’ ganteng, bagi yang merasa mukanya biasa aja ya udah bersyukur gak usah sok ganteng udah biasa sok ganteng pulak gak sedep banget bagi para mahasiswi, yang ganteng sok ganteng aja gak sedep apalagi yang biasa tapi sok ganteng. Bagi yang merasa gak ganteng cobalah fase pertama sampe sebelas, kalo mau sih.
Synister Gates. Avenged Sevenfold. live in RIO.
Kalo buat mahasiswi mah biasanya dan jarang yang nyari mahasiswa baru kecuali bagi yang dikecualikan yang pingin sama jagung muda bisa aja nyari tapi ini fase buat mahasiswa, bisa juga sih buat mahasiswi kalo fase yang terakhir bukan ganteg tapi cantik, dibalik aja.. gampang kan.

Bagi panitia mahasiswa baru gak usah nyuruh mahasiswanya yang aneh-aneh itu udah gak jaman bro/sis, sekarang udah jaman androit masa malah mau balik ke jaman lampau itu kemunduran kalo gitu. Tahun 2011 aja waktu aku ospek biasa aja gak neko-neko, bawa lah pasukanya ditempat/ruangan yang sejuk/ber ac duduk santai kalian juga kan gak capek sediain makanan sama minuman yang seger bukan yang palsu, kaya vaksin aja palsu. Undanglah orang/tokoh penting/terkenal dalam bidangnya sesuai dengan fakultas serta jurusanya buat ngisi acara. Buatlah suasana yang sangat berkesan dengan kalian dengan kampus tercinta.

Ini nih jangan sampe malah dikasih permainan buat nyari pokemon go, bayangkan kalo sekian banyak maba disuruh main pokemon go di kampus pasti lebih tragis dari demo mahasiswa yang mendemo kampusnya untuk menurunkan sks. Bayangkan nantinya ada maba yang ke ruang dekanat, ke ruang rektorat, ke maskam, ke kantin, ke wc, mahasiswi ke toilet mahasiswa udah gitu ada mahasiswa yang lagi kencing dengan barangnya yang sangat berharga lagi keluar ada yang lagi pup, juga sebaliknya mahasiswa ke toilet mahasiswi apa yng terjadi coba kalo kek gitu.
Udahlah kagak usah aneh-aneh.

Sekian tulisanku semoga menghibur, ada manfaatnya juga, kalo gak ada manfaatnya juga kagak menghibur yaudah gakpapa lagian ini hanya sebuah tulisanku.

Terimaksih telah berkunjung, telah membaca dan tentunya telah meninggalkan komentarnya.

Kebumen sembilan belas Juli Dua Ribu Enam Belas.

10 komentar:

  1. Tempat kuliahan gue kebanyakan Cowok da ..

    BalasHapus
  2. Cieee dimintain foto bareng ama adik kelas... Haha. Sukses terus kuliahnya, ceesku :)

    BalasHapus
  3. waah itu ngga kebanyakan ya fasenya heheheew

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak lah ris, sedeng itu.
      tapi banyak juga ya.

      Hapus
  4. duh saya udah ngelewatin masa kuliah, tapi jadi kangen juga sih,, apa lagi baca fase2 biar keliatan menarik di depan maba hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. aku juga udah ngelewatin kemarin. makane nulis beginian.

      Hapus
  5. ahahhah aku kok ngakak ya di pas kamu bilang jangan pasang tampang nesu wkwkkwk
    biasanya kalo ada maba kesempatan liat yang bening2 ni

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.