2 Des 2015

Masa Lalu

Gak sengaja pas lewat prembun (salah satu kecamatan di kebumen sebelah timur, kalo gak tau buka atlas dunia terus liat peta Indonesia kalo udah liat yang jawa tengah, kalo belum tau kesini aja ntar tak kasih tau ) pas lampu merah deket terminal waktu pada berhenti aku ikutan berhenti padahal terus aja gak papa. Pas lagi nunggu lampu merah aku ketemu sama temen, seorang kernet angkot, pas jalan pelan eeh liat dia yaudah lah berhenti dulu sebentar yang tadinya lampu merah udah ijo terus kuning sampe merah lagi ijo, kuning merah lagi ijo, kuning dan aku jalan.

Beberapa menit ngobrol dan kebetulan dia juga lagi free, jadi inget masa lalu. Waktu SMA dulu aku sering banget ikut sama dia, ikut muter-muter di angkotnya dari kebumen-prembun-purworjo gitu aja muter muter seharian. Kalo di dalam angkot muter lagunya yang ajeb-ajeb, dangdut koplo juga menyesuaikan suasana dong lagunya.

Masa SMA adalah masa dimana aku kacau, aku sekolah udah kayak kuliah. Dulu awalnya waktu kelas satu niatnya mau sekolah bener-bener tapi apa daya itu hanya niat. Siswa baru yang pertama kali pulang (bolos)  saat guru sedang ngajar itulah aku.

Temen-temen sak kelas Cuma bisa mlongo liat kelakuanku. Guru sedang ngajar sedang diskusi dengan siswa aku nylonong aja bawa tas terus pulang. Semua pada terkejut orang se kalem pendiem kayak aku dengan polos dan tanpa dosa pulang saat guru sedang ngajar di kelas. Dan pada saat itulah temenku pada ikutan di hari-hari berikutnya hingga sampai kecanduan.

Kalo banyak orang yang bilang masa putih abau-abu adalah masa yang indah, masa dimana menjalin kisah kasih di sekolah itu nggak bagiku, aku aja masuk, pulang semauku udah kayak sekolahan ini milik ku, ibarat perusahaan aku ceo nya. Masa SMA masa dimana aku kacau.

Dan itu ku lakukan sampe kelas 12 aku mulai bener-bener belajar di SMA sebulan sebelum UN dan itu sungguh pusing pas UN gak tau apa-apa tapi Alhamdulillah akhirnya lulus. Bahasa Indonesia aja aku gak tau apa-apa apalagi yng lain. Walaupun gitu aku ngerjakan semampuku dan jujur banyak banget yang ngasal, sebenernya banyak temenku yang punya bocoran soal hasil nyari sana-sini karna di sekolahku guruku waktu mau ujian mereka bilang gini “ kalian selama ini udah di kasih meteri oleh bapak ibu guru jadi sekarang waktunya kalian berjuang dengan ilmu yang sudah di berikan selama ini” lhah aku sekolah aja gak pernh masuk  sampe aku pasrah pas pengumuman ku cuam diem dirumah kalo sampe gak lulus gimana, kedepanya mau apa.

Dulu aku sering bolos sekolah setiap minggunya bisa 5 hari akau bolos. Masuk sekolah jam 07. Aku jam 07 baru berangkat dan itu jaraknya 18 km parahnya lagi aku naik angkot. Waktu sekolah sopir sama kernet angkot banyak yang ku kenal, nah yang di terminal ini salah satunya. Aku dulu kalo bolos ikut dia andong, makan ikut makan, bukane aku yang bayar ini malah gak bayar, makan di bayari, rokok barengan dan aku gak pernah bayar setiap naik angkot yang ku kenal.

Kalo aku berangkat jam 07. Ketemu sama angkot yang ku kenal ini kadang kalo udah nyampe sekolah bukanya berhenti eeh malah tancap gas, jam 07 berangkat ya udah gak ada anak berangkat sekolah Cuma aku sendiri makane di bablasin disuruh gak usah sekolah. Padahal dari rumah udah wangi, mandi mau berangkat aja pamitan sama orang tua cium tangan, tetangga juga taunya rajin berangkat. Gak taunya malah bablas…
Dulu awalnya aku bolos belum ikut angkot paling Cuma nongkrong di bengkel sama anak SMK dan aku anak SMA sendiri.

Waktu itu pertengahan semester kelas satu ada anak pindah ke sekolahku, yang akhirnya deket sama aku dan dialah yang awalnya mengenalkan aku sama sopir dan kernet angkot yang akhirnya kenal banyak yang lain juga Cuma yang ku kenal yang masih muda.

Aku inget waktu kelas 11 ada anak baru yang ke sekolahku, 3 hari aku gak masuk jadi gak tau aku gak masuk bukan sakit atau apa aku gak masuk Cuma main-main gak jelas. Aku emang kacau waktu SMA tapi se kacaunya aku, aku gak kacau sampe mabuk mabukan kalo temenku yang lain ada dan karna mereka- mereka yang kayak ginilah yang buat aku jadi seneng karna guruku gak begitu ngurusi aku yang sering banget bolos karna guruku sibuk ngurusin mereka-mereka yang mabok mabokan dan akirnya ada juga yang di keluarkan.

Waktu itu aku masuk kelas jam 09. Setelah istirahat jam 07 aku gak masuk pas habis istirahat anak-anak pada masuk aku ikut masuk tas kutinggal di warung dan habis istirahat kedua setelah sholat aku pulang, keren kan udah kayak mahasiswa. Karna aku ngantuk berat aku duduk belakang dan tidur selama pelajaran, anak baru ini Cuma bisa geleng kepala dan aku di kira preman sekolah orang yang paling di takuti. Dia cerita setelah deket sama aku, akhirnya dia ketularan aku juga.

Aku dikelas kalo guru sedang ngajar gak pernah ribut, aku sangat menghormati guru yaa dial ah yang memberi ilmu. Kalo dimarahi aku gak pernah mbantah, nglawan. Kalo emang perlu jawaban yak ku jawab kalo perlu di bantah ya di bantah, tapi seringnya gak karna aku sadar aku yang salah.
Ngokok di dalam kelas Cuma aku yang berani, aku gak peduli sam temen-temenku yang lain, kalo yang lain pada ke kamar mandi aku mah santé aja di kelas. Pernah ketahuan guru juga, karna ibu gurunya baik sama aku bu guru Cuma bialng “adii kalo ngrokok mbok iya jangan di dalem kelas” iya bu maaf, udah kelar. Sampe akhirnya semua pada biasa sampai kelas 12. Waktu di kelas 12 aku pernah nahan asap rokok dalam mulut lebih dari 2 menit, pas aku ngisep eeh guru masuk mampuslah aku, yang masuk guru kesiswaan yang di takuti siswa kalo udah marah. Aku Cuma bisa nahan nafas, nafasnya harus ekstra pelan setiap nafas asap keluar, akhirnya pas keluar buuuhh plong dan ngaos-ngosan.

3 tahun aku sekolah dan otakku gak pernah ku pake buat mikir, kalo ujian aku ngopy punya temenku yang di belakangku Alhamdulillah yang di duduk di belakangku selalu cewek dan selalu baik mau ngasih jawaban samaku. Tapi gak selamanya berjalan lancar pernah beberapa kali ketahuan guru dan lembar jawabku di sobek yang udah ku isi susah payah nyalin jawaban cewek belakangku, dan alhasil nilai gak keluar. Dan itu biasa bagiku gak pernah ku ambil pusing.

Sampai pas orang tuaku ngambil raport wali kelas ku cerita semua ke orang tuaku tentang kelakuanku selama sekolah, dan pas dirumah taulah pasti marah dan aku dulu pernah disuruh gak sekolah aja kalo kelakuanku gitu, mampus dah. Tapi akhirnya gak walaupun dulu kacau tapi akhirnya bisa sampai lulus S1 orang tuaku aja awalnya kayak gak yakin kalo aku bisa kuliah apalgi sampe lulus,  lulus cepet pula belum nyampe 4 tahun. Setidaknya bisa buat bangga orang tua lah saat itu. parahnya lagi temen-temenku pada gak percaya kalo aku kuliah karna mereka tau aku dulu gimana waktu sekolah, otakku aja gak ku gunakan buat belajar masih orisinil.

Pas aku ketemu salah satu temen kernet angkot dulu dia juga gak percaya kalo aku udah lulus kuliah. Dulu sekolahku harusnya di angkot ijazahnya harusnya angkot yang tanda tangan sopirnya. Dia ini juga masih aja gak percaya kok bisa aku sampe lulus kuliah, ku tunjukin kartu alumniku dan dia Cuma bisa geleng kepala dan bilang kamu luar biasa aku gak nyangka, dan dia juga kaget yang ku ambil kuliah hukum.

Dulu aja pas aku kuliah semester dua aku ke sekolah mau legalisir ijazah di tanya sama guruku, kamu sekarang ngapain di? Kuliah pak. Kamu kuliah?? Kuliah dimana?? Di UMY pak. Ngambil jurusan apa? Hukum pak. Hukum?? Orang kayak kamu ngambil hukum, manteep. Sekolah gak pernah ngikuti aturan sekolah kuliah ngambil hukum.

Berbahagialah bagi kalian yang masa SMA nya romantis, buat kalian yang masa SMA nya nakal serta romantis juga lebih berbahagialah, kalo yang sama kayak aku maka……..



36 komentar:

  1. Masa SMA yang luar biasa, dan kuliah jurusan Hukum itu bukan perkara enteng lho ya! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saking luar biasanya waktu SMA, hehee...

      Hapus
    2. Aku juga pernah meliput terminal prembun dan pasar prembun.

      Hapus
  2. itu masa lalu kan mas,.,?
    menurut saya hampir semua mempunya masa lalu yang kurang diiginkan,.?
    termaksud saya mas,.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu masa lalu.
      emang semua punya masa lalu, apalgi yang gak di inginkan.
      semoga masa lalunya gak kacau ya.

      Hapus
    2. hehehh kacau baget malah mas,.

      Hapus
  3. saat nya kedepan untuk berubah,.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, alhamdulillah pas kuliah udah berubah, dan akan berusaha berubah kedepanya.

      Hapus
    2. Demi membangun desa agar lebih maju lagi.

      Hapus

  4. ketemu orang prembun juga nih. Setiap orang punya serita sendiri. Anak muda banyak kesalahan adalah hal yang wajar, seiring perjalanan pasti akan menemukan titik kesadaran. Selamat telah menemukan kecerahan dalam mangarungi kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenere bukan orang prembun aku, sebelahe.
      alhamdulillah menemukan kecerahan. makasih mas.
      hehe..

      Hapus
    2. yang jualan bengkoang di lampu merah itu masih kagak ? depan terminal.

      Hapus
  5. Hahahaa sekolah rasa kuliah gitu ya mas. Suka-suka. Wkakaa

    Lah, itu ibu gurunya baik amat mas. Nggak dimarahin, malah dibilang baik-baik. hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sekolah rasa kuliah. hahaa..

      baik lah, kalo tugas dari dia ku kerjakan terus setidaknya ada satu guru yang baik sama aku.. hahaa.

      Hapus
  6. Bolos? Muahaha. Gue malah nggak suka bolos. Soalnya kasihan sama ortu yang udah susah-payah cari uang.

    Tapi, ya cowok mah wajar pernah bandel begitu. Dan alhamdulillah sekarang udah lulus, ya. Udah nggak ngulangin kesalahannya lagi. Hehe :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah berarti anak baik kau ya yog. berbahagialah. saluut aku. aku juga kadang kepikir gitu tapi godaanya itu yang menang terus.

      emang wajar sih kalo cuma kayak gitu. iya alhamdulillah hehee..

      Hapus
  7. Aku sekolah SMA cuma setahun. Hmmm pingin deh ngrasain sampe 3 tahun.
    BTW, aku sudah follow blognya, follback, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kok cuma setahun?

      maksih udah follow. iya tak follow balik.

      Hapus
  8. Lucu juga ya, berangkat sekolah, malah bablas naik angkot. Btw, nanti ada Harbolnas. Hari bolos nasional.

    BalasHapus
  9. Udah gak zaman buka atlas, sekarang zaman'a buka google map mas :D

    Ternyata masa SMA kita sama sering ngarit (muter-muter) pake angkot :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar si atlas disentuh kasian kan kalo diabaikan.

      berarti masa SMA kita bahagia bangeeet.

      Hapus
  10. Kok kalo bolos gak dipanggil di ruang BP ya.. mana sering banget lagi bolosnya..

    Lagian belajar juga gak harus di sekolah.. kan belajar sama sopir dan kernet juga bisa, belajar kehidupan.. hehehe..

    Wiih keren gak sampe 4 th lulus.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering di panggil ke BP rum, cuma gak di tulis.

      iya belajar kehidupan.

      alhamdulillah.

      Hapus
  11. Dih sangar masa SMAnya, jangan ditiru di rumah ya adik-adik. Tapi keren lah bisa lulus kuliah di hukum gak sampai 4 tahun.

    Salam kenal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak boleh ditiruu..
      iya alhamdulillah.

      salam kenal juga.

      Hapus
  12. Bengal abis masa SMA-nya. Tapi masih mending daripada binal.

    Waktu SMA aku nggak pernah nyobain bolos. Masa lalu kelamku di SMA cuma tidur di kelas pas pelajaran bahasa Indonesia. Kata temanku, aku pake ngigo segala. Pas dibangunin sama gurunya tau-tau disuruh keluar. :(

    BalasHapus
  13. alhamdulillah cha gak binal.

    udah tidur di kelas ngigo haduuh gak kebayang.

    BalasHapus
  14. masalalu bisa diperbaiki dimasa ini dan menjadilebih baik di masa depan mas

    BalasHapus
  15. aku dulu pas un malah ga bisa tidur habis ngerjain matematik huhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampe gak bisa tidur mba, hmm aku malah kebalikane.

      Hapus
  16. Dasar wong prembun....
    wkwkw...

    dulu pernah naik engkel sampe gombong....
    jadi kutoarjo - prembun - gombong - prembun - kutoarjo dan cuma bayar 2 ribu doang.... wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku du wong prembun, sebelahe aku.

      wooh dasar wong kutoarjo. nek aku gak nyampe gombong.

      Hapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.