1 Nov 2015

kecanduan smartphone dan sosial media

gambar dari google
Sosial media (sosmed) yap siapa sih yang gak kenal sama yang satu ini... adakah yang belum kenal?? ada, bayi yang baru lahir, sama orang simbah yang lahir di tahun 38an. 

kalo buat kalian anak remaja sama anak muda anak sd sekalian kalo kayak beginian udah bukan lagi gak kenal sebagian malah nyawanya pindah ke situ. kok bisaa?? bisalah kalian pasti sadar. 



inilah jaman sekarang jaman yang modern bukan lagi masa perang dengan penjajah apalagi jaman batu.. sekarang ini teknologi emang luar biasa kamajuanya cepat bagaikan kereta sawunggalih eksekutif. terutama smartphone di jaman sekarang ini sangat pesat, dan sekian banyak orang pasti udah memiliknya bahkan ada yang selalu ganti mengikuti keluaran terbaru... mantaap kalo gitu dah.. adakah diantara kalian yang begitu??..... 

setiap tahun, setiap bulan bahkan minggu, hari mungkin, bahkan menit selalu ada yang baru dalam teknologi baik smartphone maupun yang semacamnya. ada juga orang yang selalu mengikuti keluaran terbaru pingin memilikinya biar keren gitu... yang ku herankan dalam diriku kalo temen-temenku hampir semuanya ingin memliki yaah walaupun kadang gak kesampaian, tapi beda denganku dan aku juga gak tau kenapa kebanyakan temenku kagum dengan keluaran smartphone yang baru dengan segala isinya serta ingin memlikinya dan mengagguminya beda denganku dalam otakku yang ada yang hebat orang yang buatnya (penemunya) dan aku pingin banget ketemu dengan orang-orang penemu tersebut, perancang, yaah paling tidak sama orang yang memiliki perusahaanya, karena bagaimanapun juga mereka lah yang hebat.

hmmm.. tapi disini sebenarnya bukan untuk bahas lebih mendalam tentang tulisan lanjutan paragraf diatas.

sebenernya yang ku sayang kan adalah orang pengguna sosial media, pemilik smartphone bagi meraka yang udah kecanduan bahkan nyawanya pindah kesitu.

dimana saja tempat sekarang ini banyak orang yang sibuk dengan smartphonya mereka mengheningkan cipta, seperti berdizkir tapi itu mereka sedang asyik dengan smartphonnya, dengan sosial medianya, dengan game nya, yaah orang yang pegang smartphone posisi miring.

belakangan ini, belakangnya lagi dan bahkan belakangnya lagi aku ngenes liat orang-orang kayak gitu.
liat saja dimanapun tempat, mauun tempat umum sekalian pasti hampir semua orang sibuk dengan smartphonya jangan lah jauh-jauh liat aja temen-temen sekitarmu, keluargamu, bahkan dirimu. pasti sering kalo lagi kumpul tapi malah sibuk dengan smartphonya. (walaupun tidak semua khususnya keluarga) kalo itu terjadi itu sungguh membunuh suasana. percuma kalian kumpul bareng, nongkrong bareng, pacaran bareng, apalah segalanya bahkan di tempat umum kalian sibuk dengan smartphonya dan bersoial media masing-masing suasana mati mex. menjauhkan yang deket, mendekatkan yang jauh.. kalo kayak gitu mending terbang aja ke dalam laut main sama hiu atau ratu kidul.


gambar diambil dari google

kalian pernah gak ngobrol sama temen, cerita sama temen udah ngomong tinggi kali panjang sampai mulut loer dan jawabanya "apa tadi kau ngomng apa" apa yang kau rasakan.. sedangkan dia malah sibu dengan smartphonya bersosial media dengan teman imajinasi. ratusan teman bahkan ribuan temen tapi gak ada yang nyata hanya ngobrol lewat sosial media.
hmmm atau malah kalian yang kayak gitu.


cobalah rasakan teman yang nyata, ngobrol dengan orang yang nyata yang berada di sekitarmu itu lebih asyik, menyenangkan.. cobalah rasakan.
saat kamu jalan dan gak tahu jalan cobalah untuk bertanya dengan orang yang nyata, tutup hp mu smartphonmu karna terkadang disitu ada banyak kesempatan dan lebih enak, bisa saja orang yang ditanya nantinya jodohmu (bagi yang masih jomblo) atau bisa jadi itu orang perantara yang membuatmu sukses.

apalagi kalo aku buka sosial mediaku kadang akau ngrasa gimana gitu ini orang kok ........... 
orang statusnya pada gimana gitu, harus dibilag apa coba julukan yang tepat ke orang-orang kayak gini.
pertama orang yang suka berdoa lewat status kedua setiap jam update status (udah kayak sekelebet info aja) berikutnya dp gonta ganti tiap menit (parah kalo ini) pasang foto sama pacar (mungkin beli smartphonya iuran, jreet bilang aja kau jomblo, ra sah ngiri). dan banyak lainya yang pasti kalian udah taulah,, seperti orang yang update status kata-kata bijak (kemungkinan hidup dia ngenes).. dan lain-lain.

jika kalian masih begitu cobalah hentikan keiasaanmu itu, lakukanlah dunia nyatamu, berteman dan ngobrolah dengan orang yang disekitarmu. gunakan waktumu, aturlah waktumu.

soaial media memang penting tapi, harus tau situasi dan kondisi bagilah waktu, tahu kapan waktu untuk sosial media, untuk bersama temen, sahabat, pacar, keluarga serta orang sekitar.

6 komentar:

  1. ya sampe gak peduli sama alam sekitar

    BalasHapus
  2. sering juga lihat cewek ngomong sendiri, eh ternyata hp nya ada didalam kerudungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayak orang gimana gitu ngeliatnya ya.
      begitulah jaman sekarang.

      Hapus
  3. temen saya banyak yang kecanduan gadget . hehe sampai" kalo orang makan dia kagak makan hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasian juga kalo yang udah kecanduan, jadi kayak orang autis.

      Hapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.