4 Nov 2015

Sahabat

Yogyakarta, siapa sih yang gak tau sama kota yang satu ini?? Kota pelajar begitulah sebutanya dengan berbagai macam kuliner dan tempat wisata.

Di jogja lah selama 4 tahun aku menimba ilmu, tepatnya di UMY Fakultas Hukum. Tahun 2011 menjadi tahun awal mulainya aku menempuh pendidikan perguruan tinggi. Waktu 4 tahun bukanlah waktu yang lama bukan pula waktu yang sebentar. Selama 4 tahun menempuh studi tentu banyak pengalaman dan suatu kejadian maupun kenangan, punya teman dari berbagai daerah, adat,  dan budaya dari penjuru nusantara.

Pertengahan tahun 2015 menjadi sejarah baru dalam hidupku, dimana setelah 4 tahun menempuh studi dan akhirnya di wisuda. Sungguh suatu hal yang paling bermakna dalam hidupku selama ini.

Baru berapa bulan aku meninggalkan jogja karna udah lulus, tapi masih sering inget sama jogja, inget sama sahabat-sahabatku yang selalu bareng, ketawa bareng gak jelas bareng, konyol bareng.. namun sekarang udah gak lagi karna kami udah lulus dan dari kami sibuk masing-masing, menempuh jalan sendiri untuk kedepanya.

4 tahun yang lalu awal kuliah dimulailah pertemuan sekaligus perkenalanku dengan bedes-bedes yang menjadi sahabatku selama kuliah, dua semester, empat semester, 6 semester dan sampai akhirnya semester terakhir dan Alhamdulillah lulus.

Tovan, yoyok, haris, rendy, ridwan, feri, raga mereka inilah sahabat terbaikku, teman terbaikku untuk saling sharing,bicara, bercanda. Tovan inilah sahabatku yang dari awal masuk kuliah sampai lulus yang paling sering bareng aku.. orang nya pendiam, kalem tak jarang juga konyol, ngeselin, kadang bingungin. Begitu juga dengan yang lain.

Tempat yang dijadikan mabes *cieeeh kayak apa aja, itu kosku. Kami kalau ngumpul di kosku.. baik itu Cuma ngobrol, curhat, ngerjakan tugas maupun yang lainya (kecuali buat pacaran, tak gaplok kalo pacaran di kosku dulu, iyalah orang yang punya kost jomm… ahh prek ah).

Kalo udah ngumpul itu seruu, saling debat, ejek, konyol campur lah semua terutama yoyok sama feri yang sukanya debat, berantem tapi juga susah pisah apalagi sampai berantem. Beginilah persahabatn kami.


Hal-hal yang bikin berkesan, kuliah sama haris yang kalo berangkat maupun pulang kuliah selalu masuk ATM ngadem kalo panas. Kuliah yang selalu telat kalo sama haris, kalo udah nyampe kelas Cuma kami berdua yang ngos-ngosan. Dan haris ini orang yang paling keren dia antara kami, paling banyak di sukai cewe  semua angkatan.

Inget waktu semester 2 aku sama haris sering main kos yoyok nginep di kos yoyok kalo malem libur, apa lagi kalo malem minggu, maklum kami itu jomblo .. tapi gak sih kalo si haris di amah hubungan AKAP sama cewenya yang di indramayu. Ke kos yoyok bikin onar.. kuliah pun jalan bareng bertiga karna kos ku, kos yoyok sama kos haris satu arah ke kampus, haris yang paling enak kos Cuma depan kampus.

Semester demi semester di lalui tanpa terasa kemarin bulan juni kami wisuda (aku, yoyok, tovan). Yaa memang kami wisuda gak bisa bareng semuanya dan kemarin oktober raga, haris, ridwan mereka nyusul wisuda, dan yang belum tinggal fery sama rendy semoga cepet nyusul di wisuda berikutnya.

Kalo inget waktu masih kuliah (padahal baru juni kemarin lulus, udah kayak 8 tahun yang lalu) paling seru kalo pa mau ujian mereka ini pada sibuk belajar, sibuk nyari soal, sibuk bikin kepekan. Kalo kepekan dulu catetan materi di foto copy  perkecil dari ukuran awal 3x4 meter jadi 1x2 cm.

Kalo ngerjain tugas kami bareng baik itu individu maupun kelompok dan seringnya tugas kami satu cuma diedit dan di kumpul bareng. Yaa kami selama kuliah dari awal yang masih di peket dari fakultas stelah itu kami key in selalu sama satu orang yang nyusun jadwal, dan kami semua sama ngikuti. Beda key ini mata kuliah itu pas semester atas karna harus ngambil konsentrasi buat skripsi tetep aja sama cuma di bagi dua aku, tovan, haris, ridwan konsentrasi pidana, yoyok, raga, rendy, fery mereka konsentrasi HAN. Kosku dulu gak pernah sepia tiap harinya pasti ada mahluk ini walaupun gak semuanya selalu ke kosku.

 Aku yang hanya seorang mahasiswa biasa, tapi mereka mau bersahabat denganku yang dengan keadaan seadanya. Terimakasih buat kalian semua semoga persahabatan kita untuk selamanya.

Kenangan di jogja emang banyak secara 4 tahun di jogja kenangan dengan para sahabatku ini banyak juga. Dari awalnya kenalan, terus masih malu-malu agak ja’im ja’im gitu sampe akhirnya kenal dan tanpa basa- basi apalagi ja’im ja’iman bareng itu gak ada, yang ada main bareng belajar bareng.

Mereka yang tiap hari, tiap malam pasti ada yang ke kosku, buat ngobrol, curhat, walaupun kadang kalo curhat solusi dari gak ada, tapi mereka selalu aja curhat walaupun mereka tau katanya sih aku ini pendengar yang baik, jieeeh iyalah secara kan anak hukum harus bisa jadi pendengar yang baik lah.

Kalo udah pusing nyari hiburan pun ke kosku, nyari inspirasi ke kosku, padahal kosku itu gk ada apa-apanya Cuma ada buku sama kasur, kamar mandi juga. Mereka betah kalo dikosku, kost yang sangat sederhana beda jauh di banding dengan para kost mereka.
Nonton film, muter lagu bebas kalo di kosku, kosku juga buka 24 jam buat mereka, kecuali kalo aku pas pulang kebumen kost tutup. Kalo pulang kebumen baru nyampe pun udah di tanya kapan balik jogja, hemmm…

Malem hari sering bareng musikan nofx-an kadang koplonan, kadang kosidahan sambil ngopi tambah rokok di iringi canda tawa itu sungguh hal yang paling menyenangkan kalo udah kayak gitu istilah kalo strees harus piknik, piknik biaar gak edan itu gak berlaku karna gak harus piknik bareng sama sahabat saling ngeluarin kekonyolanya itu pun bisa dijadikan penghilang strees merefres otak.

Asli aku benern kangen sama masa-masa kuliah bertemu dengan mereka-mereaka ini bagiku kuliah itu adalah hal yang paling meninggalkan kesan happy dalam hidupku, di banding dengan masa-masa sekolah.

2 komentar:

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.