19 Agu 2016

Kost

Buka-buka galeri di laptop liat foto kost dulu jadi tetiba kangen pingin nulis. Gak terasa udah setahun juga aku cabut dari kost yang merupakan rumah kedua selama periode 2011-2015.
Di sinilah tempat dulu aku tinggal gang nulis depan BPS Jogja sebelah utara kampus tercinta yang unggul dan islami.

Kangen sama temen-temenku yang dulu sering ke kosku,sampe kosku dijadikan mabes. Sebenernya kosku ini sederhana jauh banget dibandingkan sama kos-kos yang lain, juga sama tempat temenku. Tapi mereka betah aja kalo main ke kosku, padahal kosku itu makanan kagak ada, tv kagak ada apalagi ps, yang ada tuh cuma tumpukan buku, peralatan makan, mandi sama pakaian itu juga cuma berapa, pakaianku dikit sama buku masih banyakan buku.

my kost, yang sederhana tapi nyaman
Aku kangen ngumpul sama temen-temenku kalo inget itu pingin ketemu sama mereka. Mereka itu somplak, asyiik, brengsek, nyebelin, ngeselin, sok berlagak bodoh, konyol semua-muanya.

Di tahun pertama sampai tahun kedua pertengahan masih sering ngumpul aku, Yoyok, Haris, Tovan, Feri, Raga kami udah kek personil campuran metal sama pop. Ditambah Ridwan, Rendi sama Safa’at.

Inget dulu kalo malam sabtu, sama malam minggu Haris mesti ke kosku terus ke kos Yoyok tidur tempat yoyok. Kalo malem Haris beli makanan kami nonton horror yang setan-setan gitu padahal aku sama Yoyok itu penakut banget. Aku pernah tiap malem tidur tempat yoyok gegara temenku bilang kalo di kosku itu ada pocong, dan kampretnya kosku itu cuma lima kamar kebetulan saat itu yang tiga kosong terus temen kosku ini kalo melem gak pernah pulang entah kemana.

Kangen saat ngumpul sama mereka apalagi kalo yoyok sama feri udah debat disitulah hiburan tersendiri buat kami.


Aku pernah merasa bosan, sepi di kos, karna waktu pertengahan tahun kedua sampe tahun terakhir udah jarang bisa ngumpul bareng. Mereka udah pada sibuk sama ceweknya jadi kalo ke kosku gentian gitu kek satpam. 

Kalo di kosku udah ku bilang anggap aja kos sendiri, jadi kalo di kosku mereka mau minum mau makan nyuci gelas/piring sendiri kadang aku males kalo nyuciin kan anggap kos sendiri jadi ya apa-apa sendiri kecuali kalo tamu baru tek monggoh-monggoh.

Kosku tempatnya mereka curhat, udah gitu curhatnya ke aku.. mereka kalo curhat ya kalo cuma ada aku. Curhat asmara, curhat kuliah, curhat nilai, curhat skripsi, curhat soal ceweknya, curhat masalah apa aja ke aku. Gila aja aku aja jomblo, aku aja tugas kuliah juga pusing aku juga tetekbenget lah, mungkin karna aku pendengar yang baik jadi mereka curhat ke aku padahal aku gak pernah ngasih solusi atau apalah, jawabku Cuma hem, oohh, jadi gitu, yaudah. Tapi mereka tetep aja curhat.

Kalo malem minggu dulu aku cuma sama Ridwan , dia rajin banget ke kosku. Kalo yang lain pada malem mingguan aku sama Ridwan bahas soal kuliah, materi kuliah, waktu skripsi ngerjain skripsi dimana temen-temen yang lain jalan sama ceweknya, dari temen yang sering bareng, temen kos, sampe tetangga kos sebelah juga.

Gila aja kan malem minggu ngerjain skripsi, bukan masalah rajin sih, ya karna kami gak punya pasangan jadi yaudah di kosku ngerjain skripsi sampe pada bilang dikira aku anak rajin padahal mah karna jomblo, beneran gak enak banget. Sampai ke kampus aja aku tiap hari sama Ridwan ngerjain skripsi, bimbingan, ngerjain revisian juga.

Banyak yang bilang kalo aku sama ridwan terlalu rajin mereka pada salut, sebenernya bagi kami bukan rajin malah kami iri sama mereka, sama yang lain pingin juga kek yang lain. Edan aja kami yang melem minggu ngerjain skripsi dimana yang lain jalan sama ceweknya, ke kampus tiap hari padahal udah bebas teori itu aja belum di acc-acc belum kelar-kelar dari mereka, mereka belum ngajukan judul aku sama ridwan udah ngajuin judul sama tovan juga kami udah mulai yang lain belum mulai.

Udah gitu mereka selese duluan apalagi kalo aku kek mereka yang ada belum lulus-lulus, rajin aja di acc nya lama apalagi kagak rajin. Si Ridwan malah lulus telat malah aku duluan sama tovan yang lulus padahal dia rajin, ridwan ini yang ngajakin, nyemangatin buat nyelesein skripsi dimana yang lain disemangati ceweknya beda sama aku, ridwan. Hahaa
Waktu ngerjain skripsi sampe malem sampe tidur bertiga di kosku, kos yang ukuranya Cuma buat satu orang buat tidur tiga orang ampe pintunya aja dibuka ampe pagi.

waktu lagi skripsi, ngerjain revisian
Kangen kalo malem duduk depan kamar sambil minum kopi sama menikmati rokok, ngobrol bermacam hal, ketawa, kangen kalo lagi eyel-eyelan saling debat, kangen kalo mereka lagi brengsek. Kalo beli makan akal-akalan mintanya pake ayam, minum jus, gorengan 3, rokok sebungkus ngasih duitnya 5 ribu, mending berantem. Tapi itulah serunya kami walaupun brengsek tapi selalu bareng, gak ada jaim.

Kalo di kosku mereka punya lagu sendiri-sendiri, kalo tovan sukanya lagu-lagu pop, rendi muternya linkin park, kalo yoyok music electric nah kalo ridwan NOFX tapi dia juga punya lagu kebangsaan sendiri lagunya niki tirta apa siapa sih ya lupa yang lagunya gini cintaku tak pernah memandang siapa kamu… lupa lanjutanya.  Lagu ini bisa dia puter sehari 13 kali bahkan lebih, di youtube dari jumlah penonton mungkin Ridwan yang 28 persen.

Selama 4 tahun kuliah aku gak tau Jogja gak apal isi Jogja, paling tau PN PN di Jogja, PA, Kejaksaan dan sejenisnya tau jalan pulang aja Jogja-Kebumen. Lha gimana mau keluar dulu mending di kos karna Ridwan, Rendi, Tovan, Haris mereka gak suka pergi-pergi jadi yaudah ndekem aja di kos. Apalagi Ridwan sama Rendi sampe mati pun mending di kosku.

Paling suka emang kalo malem minggu itu di kos, dulu ada WiFi kos putri sebelah kalo malam biasa itu kecepatanya palingan 40-70 mil perjam sedangkan malam minggu bisa mencapai 140 mil perjam. Gimana gak lancar orang kalo malem minggu pada keluar.

Hal paling kampret ini kalo Tovan pas lagi skripsi dia jadi kek orang edan gitu, kalo ngajak pergi dadakan langsung berangkat, entah kemana juga gak jelas. Dia juga pernah galau berat karna ceweknya kasian juga sebenernya tapi untung dia bisa selese skripsi terus sidang lanjut wisuda.

Kalo sama Ridwan jadi kek orang edan kalo di kampus, kebiasaan di amah kalo ada mahasiswi cantik aja gayanya sok cool, pedekate , sok kenal sana sini, pedekate ngalor ngidul tapi sampe lulus juga gak ada hasil.

Dan dari sekian foto yang kuliat di laptop gak ada kami yang foto bareng-bareng gitu, edan juga kami gak suka foto-foto apalagi yang dikit-dikit foto. Serius gak ada kenangan foto bareng-bareng sama mereka. Berbahagialah kalian yang suka foto, bnyak foto sama sahabat kalian.

Alhamdulillah sampe sekarang sama mereka masih kayak dulu cuma bedanya sekarang gak bisa bareng ketemu langsung, sekarang lewat komunikasi. Walaupun udah pada sibuk masih meluangkan waktu buat ngobrol, becanda bikin ketawa, yang saling dukung saling berbagi, dan masih jomblo semoga terus bersahabat sampe nanti, sampe waktu yang tidak ditentukan.

Buat kalian yang masih kuliah, yang lagi skripsi atau yang mau kuliah, kalo kuliah nikmatilah jangan cuma jadi mahasiwa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) jalan-jalan lah jelajahi kota tempat kalian menimba ilmu, carilah calon jodoh selagi masih kuliah, percayalah jadi mahasiswa itu sesuatu yang paling indah jika kalian rasakan kalian nikmati. Kisah skripsi itu mengesankan, bimbingan, revisi akan ada masa kangen kuliah kangen bimbingan kangen temen juga kangen sama kotanya.

Lha-lha udah nulis segini banyak kok ku baca nulisnya melenceng dari awal niat nulisnya, malah ngebahasnya kek gini. Awalnya mau nulis kisah sama mereka semua, malah banyak kisah sama Ridwan ealah jand gak nyadar nulis jadi gini.


20 komentar:

  1. Ada curhatan bukan berarti atau belum tentu orangnya minta solusi. Kadang kita hanya disuruh jadi pendengar saja. Kosnya rapi juga tu, jarang sekali kos lelaki bersih. Sampai bersihnya tidak ada PS.

    BalasHapus
  2. Ridwan ngapelin lu bang?
    Cie cie
    Malem mingguan ma ridwan

    BalasHapus
  3. Bang itu wifi kos putri ga di password apa? kok bisa2nya nyaut.hehe

    BalasHapus
  4. Wah, mengenang masa-masa ngekos, ya. Sayang, gue nggak pernah ngerasain yang namanya tinggal di indekos. :))

    Temenmu keren abess dengerinnya Linkin Park. Hohoho.
    Enak amat itu gratisan wifi dari kos putri, Di. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eumm.. padahl seru jadi anak kost. nge kost sana Yog. hehe

      iya, dia penggila Linkin Park
      iya dong Yog.

      Hapus
  5. Sayang, gue nggak pernah ngerasain yang namanya tinggal di kos (2).

    Huahahaha. Itu tempat kosnya jadi markas besar ngumpul-ngumpul. Ternyata Adi penakut juga ya. Jadi jangan nonton film horror. Nonton film sem.... animasi aja :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal seru lho cha jadi anak kost, cobain Cha.

      iya Cha jadi mabes. ya gitulah. takut tapi malah seneng fil horor Cha tapi yang horor barat. film semi Cha? mending yang sekalian... daripada semi. hehee

      Hapus
  6. Wah baca tulisan ini jadi ikutan nostalgia deh. Kangen masa-masa kuliah, ngekost, nongkrong, edan-edanan, semuanya.

    Bener tuh. Mahasiswa yang skrang masih kuliah kudu manfaatin waktu sebaik mungkin. Khususnya ama temen-temen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa.. anak kos juga ya Son? enak juga kan jadi anak kost.

      nah iya makane itu yang lagi kuiah dimanfaatkan lah waktunya,dengan temen.

      Hapus
  7. Blom pernah ngekost... jadi gak tau gimana rasanya.
    Asik kali yak kalo tinggal di kost bareng temen-temen.
    Wah iya tuh, bakalan seru deh kayaknya.

    "Selama 4 tahun kuliah aku gak tau Jogja gak apal isi Jogja"
    Selama bertahun-tahun, dari orok sampe segede ini tinggal di Jakarta, gue juga gak pernah apal jalan-jalan di Jakarta, kecuali jalan ke PLN buat bayar listrik, jalan ke mini-market buat beli kebutuhan sehari-hari dan jalan ke bank.. hahahhah :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eumm.. rasanya seru.
      iya asik sama temen-temen

      lha kok bisa gitu, berarti wajar aku ya kalo gak hapal Jogja, taunya cuma jalan mudik sama jalan ke kampus juga jalan ke burjonan.

      Hapus
  8. Zaman ngekost emang moment paling seru, sih, menurut gue. Karena, dari tempat seperti itu, gue bisa mengenal banyak sekali karakter orang.

    Sekarang gue emang udah gak ngekost lagi, udah rumah sendiri (dan tetep sendiri). Hadeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, ya emang gitu ya Her, juga mengenal karakter daerah tempat kos.

      hadehh.. waaah enak lah udah rumah sendiri, tapi kalo yang tetep sendiri kagak enak, buruan nikah Her bar gak sendirinya kelar.

      Hapus
  9. njir kayak orang edan itu cara bikin bahagia di wkw

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.