5 Agu 2016

Makan Seblak di Taman Tjimanoek Indramayu

Inilah Seblak Indramayu, di Taman Tjimanoek Indramayu
Kemarin habis ke indramayu, kota yang dengan sebutan kota mangga, emang asli banyak pohon mangga setiap rumah pasti ada pohon mangga dan itu gak cuma satu pohon, bahkan sampe pohon yang dipinggir jalan pun berjejer pohon mangga (ada disepanjang jalan mana yang itu aku lupa).

Ok yang pingin aku tulis ini tentang makanan yang ku makan waktu di indramayu dengan dia dia dan mereka. Dua hari di indramayu kan pasti makan juga dan jalan jalan juga.

Hari pertama sore hari makan seblak, ya seblak emang bukan makanan khas indramayu katanya. Tapi yang ini seblaknya beda ini seblak khas indramayu kata subhan (sambil ketawa) karna udah pingin makan iya aja udah, jadi setiap makanan khas itu emang kadang itu biasa tapi yang jadi khas itu adalah dari rasanya, bumbu yang diracik yng tidak ada di daerah lain.

Dari lahir aku belum pernah makan seblak sebelumnya jadi pas diajak makan seblak aku ngiyain aja, aku juga gak tau rasa seblak yang lain. Ini pertama kali aku makan seblak dan makan seblaknya di indramayu.

Rasanya emang enak , serius enak bagiku ini bikin aku nambah makan lagi. Beli seblaknya itu disebelah masjid agung indramayu di taman Tjimanoek. Saat sampe situ gak lupa juga buat foto, dan enak banget suasananya yang adem.. iya lah adem orang sore hari waktu ashar.

Tamanya enak juga buat nyantai, bercengkrama bareng temen, bareng pacar. Kalo kalian ke indramayu jangan lupa tuh mampir di taman Tjimanoek sebelah Masjid Agung Indramayu.

Taman Tjimanoek Indramayu, ini nih disini tamanya.
Disitu banyak pedagang makanan dan juga minuman berjajar sepanjang taman Tjimanoek jadi bisa pilih makan sesuai selera. Tapi sayangnya disitu gak ada makanan khas yang asli indramayu, tapi gak tau juga sih disebelah lainya.

Setelah sholat ashar, foto-foto dan menikmati udara sore di Tjimanoek tentunya beli makan. Waktu kesitu aku bareng sama isti, haris, samsul, sama subhan.

Kami disebelah selatan kalo gak salah soalnya bingung arah tepatnya yang depan SMP 4 tpi gak depannya pas juga, depan ke kanan dikit.

Nah si isti ini dia pesen seblak yang telor, ya seblak mah emang udah ada telornya, tapi kalo pesen yang telor, telornya jadi nambah.
Subhan sama samsul mereka berdua pesen yang seblak ceker, sedangkan haris dia pesen yang seblak bakso.

Enaknya makan seblak sore hari di taman tjimanoek indramayu
Giliran aku bingung soale gak tau sebelumnya, belum pernah makan seblak. Ditempatku sama pas kuliah juga kayaknya belum nemu yang jualan seblak. Karna bingung ku tanya mereka, jawabane kalo isti  jawab enakan telor, subhan sama samsul enakan ceker, haris lebih enak bakso di, kan kampret. Si mbaknya yng jualan udah nungguin jawabanku ternyata, karna bingung aku pesen yang lengkap, jadi gabungan dari mereka yang pesen dan untungnya ada menu seblak lengkap.
Isi seblaknya ituu…. Emmm.. ah kampret agak lupa soalnya pas kesana tanggal 23 Juli kemarin. Kalian tau lah seblak isinya apaan juga apalagi yang orang jawa barat mesti tau lah ya.

Cukup lama juga buat nunggu seblak yang dimasak, awalnya aku juga gak ada bayangan kalo seblak itu kek gimana.

Kami ngobrol becanda tertawa jadi agak gak terasa nunggu pesenan, kemudian mulailah satu- satu pesanan seblak matang, pertama yang ceker, terus yang lengkap nyusul yang bakso, dan yang paling lama pesanan isti yang telor, karna udah sore perut laper dan mumpung masih panas langsung ku santap tuh seblak, ajiibb ternyata enak juga seblak inih, serius, enak menurutku ini kayak sejenis bubur ayam gitu sih lembut-lembutnya tapi bagiku jujur seblak lebih enak mungkin karna udah saking laper sama capek.

Untuk harganya yang ku inget itu cuma pesenanku yang lengkap dengan harga 10.000 kalo yang lain aku lupa, tapi harganya itu sekisaran 6.000 sampe 10.000 rupiah, murah lah sepadan dengan rasanya yang nikmat. Jadi pingin makan seblak yang di indramayu lagi.

Sehabis makan seblak kebetulan baru nunggu sebentar adzan magrib berkumandang, sebelum melanjutkan perjalanan kami sholat magrib di masjid agung indramayu. 

Masjidnya adem banget, make ac soalnya. Halaman masjidnya luas, kalo yang buat sholat bisa dibilang cukuplah.

Kami lanjutkan perjalanan ke SC (Sport Centre) waaoo rame juga ternyata apalagi pas dengan sabtu malam, suasanane enak banget betah aku di indramayu mah. Disitu kami makan pisang kipas, sebenernya mah pisang goreng yang di sigar kayak bentuk kipas gitu tapi pas jadi bentuknya mah biasa pisang goreng gak ada bentuk kipasnya. Kami pesen pisang kipas coklat sama keju, kalo mereka pada suka coklat kalo aku lebih milih keju. Haris yang milih untuk makan pisang ini, kami bertiga bingung banyak pilihan ujungnya ngiyain haris.

Lagi-lagi aku lupa harganya berapa soale yang bayar itu isti pake duitnya haris, aku mah taunya makan sama minum udah.

Selfie di Spot Center Indramayu Makan Pisang Kipas.
Yang ku inget saat subhan pesen lagu janda abg pada pengamen yang make spiker itu. Lagu dengan Bahasa indramayu, tapi enak juga lagune, itu bikin aku ketawa.

Sungguh seblak itu enak aku pertama makan langsung jatuh hati, serius gak kecewa aku. Aku gak tau kalo seblak tempat lain karna seblak indramayu ini yang pertama kali aku makan dalam sepanjang hidupku.

Sebelum pulang kami mampir ke pantai Tirtamaya, sayang karna malem jadi gelap gak liat pemandangan pantainya. Enak juga sih disitu apalagi kan deket sama kilang minyak balongan jadi pas malem itu dari pantai keliatan bagus. Di kebumen pantai selatan pas ke pantai utara serasa beda karna ombaknya kecil bahkan bisa dibilang gak berombak. Jangan lupa juga berkunjung ke pantai Tirtamaya jika berkunjung ke Indramayu, atau bisa buat daftar liburan.

Pantai Tirtamaya Indramayu, malem hari yang ada gelap.
Gini nih suasanane, sepi. haruse siang hari ke Tirtamayanya
Ke suatu tempat itu gak lengkap kalo gak berkunjung sholat di masjidnya juga makan makanan khasnya.

26 komentar:

  1. Wah dari sekian banyak nya macam seblak yang pernah aku makan belum pernah nih makan seblak yang berada di taman tjimanoek :)

    BalasHapus
  2. Seblak ayam
    Itu ayam yg dipake ayam idup?

    BalasHapus
  3. Seblak ayam
    Itu ayam yg dipake ayam idup?

    BalasHapus
  4. makan molo nih,.
    wah seblak indramayu keliatannya kurang merah ya, itu gak pedes dong ya.
    jadi penasaran apa yg bedain seblak indramayu sama seblak biasa. hhmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dib kan kulineran ceritanya.
      itu emang gak merah soale pesen yang gak pedes sama sakali.
      yang bedain itu tempatnya sama makannya sama siapa. haha

      Hapus
  5. Whaa... aku belum pernah makan seblak. Abis aku belum tertarik nyoba..

    Indramayu, tamannya rame ya.. kayaknya.. :)

    Apaan pisang kipas tapi bentuknya g kipas hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu harus coba rum.

      ya lumayan rame lah, soale banyak juga yang kesitu.

      namanya doang pisang kipas, tapi rasane enak.

      Hapus
  6. wah seblak nih makanan favorit aku, tapi enaknya di bikin pedes

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah ada yang favoritnya seblak, iya kalo yang doyan pedes mah. gak pedes juga enak kok.

      Hapus
  7. itu seblak ko kayak bubur dah ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya emang gitu kan seblak, emang mirip bubur juga.

      Hapus
  8. Seblak ini makanan kesukaannya papaku..
    aku sendiri belom pernah nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eumm gitu ya, seblak emang enak aku aja jatuh hati.
      nyaobain dong.

      Hapus
  9. seblak itu apa mas??? baru dengar soalnya mas

    BalasHapus
  10. Jadi, baru pertamakali makan Seblak ya Di? Gue mah, udah 3x hahaha. Tapi itu kalo gak diajak temen, akunya juga gak tau harus gimana. XD

    Awalnya agak ragu, sih. Dari namanya aja, agak susah disebutin. Tapi, setelah nyobain rasanya... Aduh.... Pedesnya kamfret. AKunya pesen level 3 bro.. Pedes udah lengket aja rasanya di lidah.

    Yang jelas, rasa seblak itu enak banget. Kapan-kapan kalo ke Indramayu, keknya perlu coba, nih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy her, yah 3x. eumm.

      he'em namanya itu lho, waah kalo aku yang gak ada pedesnya.. baru level 3 udah gitu.

      iyap bener, enak banget. harus itu her.

      Hapus
  11. waktu pertama baca gue kira seblak itu nama kerupuk, taunya sejenis bubur.

    BalasHapus
  12. Srius aku blum pernah makan seblak nih di hahhah
    Padahal di sekitar rumah banyak yang jual
    Aku ngira seblak itu krupuk direndem kuah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha masa belum pernah mba, padahal enak banget mba seblak itu. ya emang ada kerupuknya gitu mba.

      Hapus
  13. Foto seblaknya mirip bubur. Tapi bubur kerupuk kan? :D

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.