27 Agu 2016

Mie Ayam; dan sebuah tempat wisata di Kebumen

Ini nih makanan yang sekarang masuk dalam daftar makanan favoritku, jadi selasa tanggal 22 Agustus kemarin aku sama adekku keluar. Sebelumnya, setelah sholat isya niatnya mau langsung keluar, mau cari kaos ehh pas udah siap temenku nelpon dia mau curhat, biasa dia kalo curhat ke aku, soal cowoknya, soal mantanya, semua-muanya.  Sore hari waktu ashar sih udah ngomong mau nelpon pingin curhat katanya jam lima eh gak taunya jam lima gak nelpon terus nelponya waktu isa.

Telpon dia curhat aku dengerin dan ternyata gak kerasa udah jam delapan lebih, adekku nayain jadi keluar gak? Kemudian aku bilang terus mengahiri telpon.

Jam delapan dua puluh menitan aku berangkat sama adekku ke sebuah toserba, iya toserba di Kebumen gak ada mall, jangan bayangkan Kebumen itu kayak Jogja apa semarang. Perjalanan kurang lebih dua puluh menit itu kalo normal, nah karna malem itu dingin pake banget jadi jalanya dibawah normal.

Payahnya itu, si toserba ini jam Sembilan udah tutup, iya jam 9 jangan dikira kayak di Bandung, Solo, Semarang yang sampe malem, padahal aku nyampe lokasi udah kurang 7 menitan, kami parkir terus masuk, naik lantai atas liat-liat kaos, pilih-pilih tiba tiba ada pemberitauan kalo udah mau tutup tinggal 3 menit lagi, baru nyampe terus gak jadi beli kami langsung aja balik ternyata pintunya udah ditutup tinggal kebuka dikit dan kayaknya kami pelanggan terakhir yang keluar dan tanpa bawa belanjaan.

Niatnya dari rumah tuh mau mampir beli mie ayam sekalian, adekku ini pecinta mie ayam bisa dibilang fans berat mie ayam. Dan gara-gara dia aku yang dulunya gak begitu suka kini jadi jatuh hati juga sama mie ayam, tapi mie ayamnya khusus ditempatku, rasanya nikmat mex.

Pas didatangi ternyata udah habis dan lagi persiapan tutup. Kampret udah kedinginan kanginen kena asap knalpot bis, nungguin kereta lewat duluangak dapet apa-apa. Jadi kami putuskan buat siangnya balik ke beli kaos dan mie ayam.

Ini nih Mie Ayam yang di Kutowinangun, Podo Moro... Mantaappp

Tanggal 24 Agustus akhirnya rada siangan akhirnya dapet juga tuh kaos dan juga mie ayam.


Mie ayam ini letaknya di sebelah barat (ruko sebelah barat) pasar Kutowinangun Kebumen. Disitu tertulis Mie Ayam Podo Moro, mie ayam ini merupakan mie ayam terenak nomor dua di Kebumen versi aku, dan kayaknya sekarang jadi versi pertama. Karna yang pertama itu mie ayam tetangga ku yang jualanya pake gerobak tapi sekarang udah gak jualan lagi. 

Rasa mie ayamnya ini beuhh… eumm susah sih jelasin gimana detailnya yang jelas itu enak banget, mie nya halus lembut, bumbunya terasa semua, daging ayamnya bisa dibilang ukuran ‘m’ porsinya juga banyak.

Aku gak pandai sih cara jelasain soal rasa, kalo pedes, asin, manis, asem, pedas manis, manis asin itu mah masih mending tapi kalo udah yang rasa dengan bumbu yang banyak itu susah jelasinya. Paling cuma bisa ngasih rasa enak, gak enak udah, palingan juga pake level. Nah menurutku kalo mie ayam ini rasanya level 9 dari 10.

Aku jatuh suka sama mie ayam, mie ayam podo moro ini terutama itu karna adekku yang paling kecil dia kalo pulang mesti ngajakin makan mie ayam di podo moro ini yang letaknya di pasar Kutowinangun Kebumen. Dia mesti kalo beli mie ayam disitu, kalo situ gak buka nyari lainya tapi seringnya mendingan gak jadi kalo yang podo moro itu gak jualan.

Untuk satu porsi mie ayam ini harganya sepuluh ribu, sama minumnya es teh itu tiga ribu, jadi totalnya 13 ribu karna aku berdua sama adekku jadi totalnya 26 ribu. Harganya menurutku terlalu mahal sih kalo buat ditempat ku ini, harusnya mah 10 ribu udah sama minumnya, tapi itu gak masalah karna rasanya itu gak ngecewain.

Yang orang Kebumen atau kalian yang bukan orang Kebumen silakan mampir kalo pas lewat, Kebumen itu banyak juga kulinernya dari jenis sate, soto, lanting, mendoan, de el el… dari penghasil bengkoang daerah prembun dan sekitarnya, penghasil genteng juga daerah sokka dan sekitarnya, penghasil sate ayam juga daerah Ambal dan sekitarnya yang beda dengan yang lain, banyak lah.
Sate Ayam Ambal
Ini nih Sate Ayam Ambal dengan bumbu yang beda dari yang lain. Kalo kalian lewat Kebumen jangan lupa mampir makan kuliner ini nih. Banyak yang jualan di pinggir jalan terutama di sepanjang Jalan Raya Kutowinangun, kalo aslinya mah di jalur selatan Kebumen di sepanjang Jalan Ambal disitu berjejer warung Sate Ayam, tinggal pilih mex. 
Mendoan Ala Kebumen
Kalo yang ini namanya mendoan, beuhh nikmat banget ini apalagi makanya pake sambel. Kalo yang ini banyak ditemui ditempat wisata seluruh Kebumen pasti ada apalagi kalo yang pantai. Enak banget makan mendoan di pantai dengan suara ombak yang menggebyur. Ini ukuranya gede, dan tempenya juga dibuat khusus yang buat mendoan ini.

Untuk tempat wisatanya juga, ada pantai dari pantai Ambal, pantai Bocor, Pntai Petanahan, Pantai Suwuk, Pantai Menganti, Pantai Lampon dan pantai lainya juga masih banyak yang dengan pemandangan dan suasana yang indah, ada juga Pantai Ayah.

Ada juga wisata jembangan, air anget krakal sama taman kupu-kupu, ada juga Pentulu Indah, Goa Jatijajar banyak di Kebumen pokoknya mah, gak kalah lah sama tempat wisata –wisata daerah lain.

Jdi silakan berkunjung ke Kebumen nikmati kulinernya nikmati wisatanya, jangan lupa juga buat sholat di Masjid Agungnya serambi menikmati alun-alun Kebumen, kalo di alun-alun sih enaknya sore sekitaran jam limaan sampe rada malem.

Salah satu sudut Pemandangan  Pantai Lampon (jepretan sendiri) 


Enkanya makan mendoan di pinggir Pantai.

Salah satu sudut pandang dari pantai menganti, (hasil jepretan sendiri)
Ayo datang ke Kebumen, nikmatilah alam dan kulinernya.Niatnya cuma mau nulis soal Mie Ayam tapi jadinya malah ada wisatanya juga.

10 komentar:

  1. Adek lo bang ngefans sama mi ayam
    Kok tega sih makan mie ayam
    Baru kali ini loh fans makan idolanya
    Sereeeeem

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iy lah keren ka, Nik.
      gak serem lah, sereman juga kau hahay

      Hapus
  2. Anjay dah,
    belakangan kalo mampir keblog ini pasti deh yang disuguhi tentang jalan-jalan dan makanan ..
    Cocok jadi Travel Blogger ini mah, soalnya selalu sukses bikin iri :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah masa sih, Rul? cuma beberapa postingan doang.. yahh jangan iri.

      Hapus
  3. Wait.... Gue salah banget bacanya jam segini. Asem banget dah... Mana gue belum sarapan. Makin laperlah ini perut.

    Gue perhatikan bener kata komentar di atas gue. Lo cocok nih, jadi Travel Blogger. Habisnya materi lo selalu bikin gue pengen di. Apalagi makan mendoan di tepi pantai... Pantai yang biru pulak...

    Hadeh... Kapanlah gue bisa piknik kek gini. Kapan ya?

    Semoga bisa, deh.. Amin...

    Btw, kebumen keren ya, punya mie ayam paling enak... Kapan ya, gue bsa ke kebumen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. laperr, Ru.. ya ini tinggal dicopy terus di print nah makanlah.

      masa sih? pengen apa, Her. mendoan tepi pantai, nikmat.

      besok sabtu.

      amiiinnn

      keren dong, paling enak versi aku... besok minggu.

      Hapus
  4. Wah gak cocok berarti tempatmu buat pacaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok lah, jangan kan buat pacaran, bulan madu aja cocok.

      Hapus
  5. Salah baca postingan, jadi lafaaarrrrrr

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.