16 Agu 2016

Kisah di Bogor, Sedapnya Soto Kuning Bogor

Akhir bulan Juli kemarin tepatnya tanggal 25 setelah dari Indramayu aku lanjut ke Bogor, waktu ke Bogor sayangnya kawanku ini pas lagi sakit jadi gak pergi-pergi. Padahal aku pingin banget jelajah tuh kayak ke curug-curug ke gunung ke pantai *eh gak ada pantai ding. lah terus pingin juga tuh makan kulinernya misal talas goreng, talas bakar, talas rebus, talas bakar madu semua masakan talas lah intinya.

Tanggal 25 pagi waktu aku di Indramayu mau ke Bogor aku telpon Tovan, lha pas di telpon dia ngomong lagi gak enak badan suaranya juga berubah jadi kayak M. Shadows serak gitu, waah perasaanku gak enak ini bakalan jenguk dia ini judulnya.

Jam setengah satu aku nyampe di terminal alhamdulillah Tovan masih sanggup buat jemput aku, coba kalo gak huaahh gak kebayang aku yang ada aku bisa diem disitu terus lama kelamaan ditinggal nikah jadi jomblo gak kelar-kelar udah gitu juga tau-tau udah tua.

Hari pertama yang ku lakukan ngajak dia nonton film nonton Star trek, dan alhasil aku tidur sekitar 40 menitan di awal-awal film  tayang. Jujur aku kalo nonton film yang model beginian, action itu gak tau jalan ceritanya yang ku simak itu actionnya yang penting seru berantem, ledakan, pembunuhan gitu. Kecuali kalo film kayak 12 Angry man, The Shawshank, The Godfather *lha kok film lawas semua, film chef, focus nah itu film yang kek gitu tuh baru nyimak jalan ceritanya.

Aku di Bogor dari tanggal 25 sampe 28 setelah itu aku pulang Kebumen dengan Bus Sumber alam, perjalanan 11 jam 43 menit dari bogor sampe Kebumen ternyata capek juga. Perjalanan pertamaku naik bis dengan jarak jauh, biasanya mah naek kereta kalo pergian jauh.

Karna Tovan sakit jadi gak banyak jalan-jalan, selama disana itu tuh nonton film, duduk-duduk di taman kencana, ke kebun raya terus eumm.. udah cuma itu umm ada lagi pas sore itu duduk ditaman masjid sekitar situ jungle land makan kue ape kuenya itu unik baru pertama liat rasanya juga enak. Waktu mau pulang juga belie es tebu duduk di pinggir jalan.
Untung aja sih rumah dia deket kota coba kalo yang di ujung pinggir sana yang ada gak tau Bogor. Udaranya dingin, adem kalo pagi males banget mandi, mandinya kalo udah siang sekalian buat sore juga.

enak juga nih duduk-duduk di taman kencana
Waktu habis dari kebun raya jalan-jalan disekitar nyari makanan khas ternyata yang dicari dideket-deket situ gak ada hasil nihil terus ke masjid deket situ sholat dhuhur.
Baru setelah sholat duhur itu dari kebun raya ke arah depan yang cina -cina gitu niatnya mau langsung pulang tapii… tiba-tiba tovan berhenti dia liat makanan yang di cari katanya yang ini khas biar beda.

Itu lho di sate babi kalo mau, enak itu katanya coba aja sana nanti tek bayarin terserah mau makan berapa tusuk juga. Kampret juga dia… makasih lah van.
Makan yang satu ini namanya Toge goreng, sebelumnya itu aku pingin makan khas situ, pertama ditawari itu asinan, belum tertarik aku buat makan asinan perutku laper soale jadilah ditawari buat makan Toge goreng itu. Dalam pikiranku toge goreng itu kek apa, apa iya toge digoreng gitu, ternyata toge goreng itu mirip masuk dalam spesies tahu goreng (kupat tahu) gitu.

Menurutku yang ini rasanya kurang pas dilidahku, rasanya kok agak aneh gitu ya mungkin lidahku teralu jawa sih, tapi karna laper jadi ya habis juga tuh sepiring cepet malah Tovan baru makan setengah aku udah habis minumnya itu teh tawar sayangnya teh nya tuh gak anget jadi rasanya kurang. Sayangnya juga aku lupa ngambil gambar toge goreng ini, soale laper banget doa langsung lahap, biasanya mah doa, foto baru makan. Inget pas udah di rumah tovan kenapa tadi gak ngambil gambar toge gorengnya.

Sehari sebelum makan toge goreng itu aku dijak muter-muter sekitar situ sekalian tovan ngeprint juga nah yang ini nih aku dibawa makan di pedagang pinggir jalan, namanya laksa aku tuh gak tau makanan jenis apa ini sebelumnya, baru pertama kali denger ada makanan laksa.

ini nih si laksa
Laksa ini isinya tahu, telur, sama mie nah selain toge goreng yang rasanya kurang pas di lidahku, yang ini juga menurut lidahku ini makanan rasanya aneh. Udah gitu ada oncomnya jadi rasanya gak pas sama lidahku ya walaupun habis juga cuma kuahnya yang tersisa itu juga sisanya dikit, dasar gak pas sama lidah habis juga.

Untuk harganya aku gak tau soalnya yang bayar itu Tovan akum ah tinggal makan selese terus tinggal gitu aja. Makan laksa ini enak juga lho pake kerupuk, minumnya es jeruk, jadi rasa laksa yang menurut lidahku gak pas jadi agak lumayan kalo minumnya es jeruk jadi nutup gitu.

Nongkrong di Taman Kencana enak juga malem hari, walaupun bukan hari libur tetep rame sayangnya banyak pengamen, udah kayak sekilas info aja, bahkan belum sampe setengah jam udah ditangi 3 pengamen. Di situ aku duduk sama Tovan sambil menikamati malam kota Bogor dengan ditemani segelas kopi sama sebungkus sampoerna mild. Cuma disitu gak lama karna Tovan kedinginan lagi masuk angin  soalnya terus pulang dah.

Sehari sebelum aku pulang, tepatnya sore hari keluar sama Tovan nah kalo yang ini baru enak banget, padahal waktu mau makan toge goreng aku udah minta makan ini aja tapi kata tovan kalo yang kek gitu udah biasa. Soto kuning khas bogor, ini baru nikmat pas banget sama lidahku, rasa kuahnya menggoda banget ditambah sama emping makan sotonya aeumm nikmatnya, juga minumnya teh tawar panas huaahh enak banget jadi pingin makan lagi, apalagi yang letaknya di pinggir jalan dengan suasana keramain sore kota Bogor.

Makan soto kuningnya aku sama Tovan gak pake nasi, soalnya ibunya tovan udah masak udah jelas nanti kalo sampe rumah mesti disuruh makan. Padahal kata tovan kalo makanya sama nasi itu tambah nikmat lagi, untuk soto kuningnya itu aku make paru kalo Tovan pake daging terus ditambah perkedel, untuk dua soto yang kami makan harganya dua pulu empat ribu rupiah sama emping satu bungkus.

Tovan ini ngajaknya peke hari terakhir sebelum aku pulang sih coba kalo pas hari pertama kan bisa makan lagi hari berikutnya, dari pada laksa sama toge goreng ya mending soto kuning ini rasanya pas banget sama lidahku, jodoh sudah.

beginilah soto kuning rasane sedeepp banget, menggoda bikin kangen
Banyak kuliner di Bogor, sebenernya mah aku pingin jelajah lebih banyak lagi ke curug belum, makan asinan belum terus selain soto kuning ada juga soto mie itu juga belum, padahal aku penasaran sama rasa soto mie ini. Karna dia lagi sakit kalo di rumah juga aku ditinggal tidur jadi yaudahlah, makasih juga walaupun lagi sakit masih bisa nemenin buat makan. Waktu aku di Indramayu dia 2 hari kehujanan lha padahal dua hari itu aku di Indramayu, eh giliran aku ke Bogor dia malah masuk angin. Alhamdulillah masih bisa keluar coba kalo masuk anginya parah yang ada aku beneran nungguin dia sakit, gak jadi keluar.

Selama di Bogor aku belum puas ke curug aja belum, terus kulinernya juga belum semua, soto mie yang khas Bogor belum ku coba. Nanti aku kembali lagi buat kamu (soto kuning yang sedap juga soto mie yang belum ku coba, sama asinan juga).

Di Indramayu aja belum puas aku masih betah,  eh di Bogor Tovan sakit jadi kurang puas juga jelajahnya. Secepatnya aku pasti akan kembali lagi ke Indramayu sama Bogor. Di Bogor juga belum ke Masjidnya cuma di masjid biasa sholatnya.

“Ke suatu tempat itu belum lengkap kalo gak berkunjung sholat di masjidnya juga makan makanan khasnya”.
“Selalu ada yang bikin kangen di suatu tempat selain seseorang yang kita cinta, yaitu makanan khas, juga alam wisatanya”. (adi).


Karena sekarang bulan Agustus dan besok tanggal 17 maka ku ucapkan selamat hari kemerdekaan buat negeri tercinta ini, selamat ke 71 hari kemerdekaan.

26 komentar:

  1. soto kuning bogor. hhmm
    leh uga tuh, catet deh masukin list makanan yg harus dicicipi. :9

    BalasHapus
  2. Kebogor belum lengkap kalo ga ke wisata-wisata alannya gan kayak curug gitu.
    waah sayang banget ya di lewatin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya makane itu masih kurang, soalnya Tovan mriyang jadi gak ke curug.

      Hapus
  3. Geblek juga tuh disuruh makan sate babi. Wah, asik jalan-jalan keliling bogor tuh. Makan-makannya juga enak tuh. Laksa pernah nyobain dalam bentuk instan. Soto kuningnya enak tuh, kayaknya gurih :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha genah sate babi. asik lah Riz cuma masih ada yang kurang. enak banget yang soto kuning terutama. emang ada yang instan juga tah. benget enaknya kalo soto kuning mah.

      Hapus
  4. Hahaaha iya kesuatu tempat kalau belum cobain makanan sama sholat di masjid atau mushola disana memang kurang afdol :D

    Lho.... ke Bogor gak cobain soto mie bogor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gitu lah mba, emang kurang afdol.

      belum nyobain, padahal pingin banget. penasaran.

      Hapus
  5. "Talas goreng, talas bakar, talas rebus, talas bakar."

    Lah Mentang-mentang lagi di bogor, semuanya mesti talas Hahaha.

    Adi, ini kamu lagi National Tour yah? Kemarin ke Indramayu, sekarang Bogor. Wiiih gaya bener. Satu lagi yang lucu, katanya gak pas di lidah, tapi abis dua piring haha. Ehh, suka film 12 Angry Men juga? Itu film paling sedunia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah iya lah Son kan identik dengan talas kalo Bogor mah, talasnya asli gede-gede.

      bukan national tour juga, orang cuma ke dua tempat. hehee gaya lah orang gratis. karna laper itu makane habis. 12 Angry Man mah film faforit aku, iyap film paling dan paling keren.

      Hapus
  6. kenapa karakter gua disini sakit di haha sory lagi sakit bro maaf kalau kecoa iya dua hari kehujnan kulo mas adi boten saget mlaku" sesok neh (kok jadi bahasa jawa) mudah"an bisa maximal jalan"nya amin masih mau makan sate babinya? gue tuh ngajak makan bacang ya bukan satay bebongnya tapi leh uga sate bebongnya,. untuk soto mie bisa next time maybe sengaja ngajak makan soto kuning terakhir biar kangen bogor yang kebun raya gak di ceritain di kan cari pokemon,. sekian dan terimakasih atas pehatianya dan terimakasih Merdeka Dirgahayu Republik Indonesia ke 71,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang Bogornya keluar juga. iya lain waktu ke situ lagi aku, siapin buat bayari aku ok, soto mie belum, asinan belum ke curug-curug juga belum.
      satene enak ya Van, kau aja tek beliin besok. jelas soto mie mah nex time, udah kangen Van sama soto kuning. kepanjangan kalo diceritain van yang di kebun raya, yang cewe dibonceng cowoknya malah nyari pokemon gitu hahaa.. kasian cowoknya.

      Hapus
  7. Klo naek sumber alam mang kesannya lama ya di
    Aku bmpe boyoken nek nunggang sumber alam, rung kayae bis e nek dapet sik bodol hahhaha
    Yahhh nonton film malah separoh lebih ktiduran wakakka, sayang kacise dong
    Duh soto bogor yg bening gak kau cobain😂😂
    Kalo laksa itu isine taugekah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya e mba.
      sama mba aku juga gitu, alhamdulillah nek aku olih bis sing lumayan apik.
      hehee capek jadi tidur mba.
      lha ada lagi soto bening, enggak mba.
      iya toge.

      Hapus
  8. Kulineeeer. Soto kuning bogor. Ngebayanginnya seger banget dah. Hahaha.

    BalasHapus
  9. Kurang pas tapi habis juga? :D

    Soto kuning yang keliatan enak dan sedap itu layaknya karena dikasih bawang goreng:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. laper rum jdi habis juga.

      emang enak, bawang gorengnya menambah cita rasa.

      Hapus
  10. Elah... perasan kalo gue ke bogor tuh ya, kayaknya sulit amat cari tempat makan enak. Apa karena gue nggak kenal daerah bogor yah, jadi jalan ke mana juga gak tau tempat-tempat enak dan nyaman... -_- ya Allah, itu keliatannya sedap banget.... :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kalo nyari tempat makan yang enak aku juga gak tau dimana, ini kan makanan khasnya jadi tempatnya dimana aja juga enak.

      Hapus
  11. Toge gorengnya lurus ga bang?
    Trus klo g lurus apa bedanyA sama toge bengkok?

    BalasHapus
  12. Cuma mau bilang nama kita sama...

    BalasHapus

apalah aku nulis tanpa pembaca, kalo udah baca tinggalin jejak ya dikolom komentar.